Kalahkan Lithuania 1-0, Inggris Lolos ke Rusia dengan Sempurna

Kalahkan Lithuania 1-0, Inggris Lolos ke Rusia dengan Sempurna foto: Istimewa

WinNetNews.com - Inggris menutup perjalanan di Kualifikasi Piala Dunia 2018 dengan kemenangan tipis 1-0 atas Lithuania. Inggris melakoni laga terakhirnya di fase kualifikasi di LFF Stadium, Minggu (8/10/2017) malam WIB. Sebelum laga ini, skuat besutan Gareth Southgate itu sudah mengunci kelolosan ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia.

Inggris lebih dulu mendapatkan ancaman serius. Di menit ke-11, Darvydas Sernas menyambut umpan silang Vytautas Andriuskevicius yang jatuh di tengah kotak penalti. Sepakan Sernas cuma melebar ke kiri gawang.

Setelah beberapa upaya, Inggris mendapatkan kans cukup bagus di menit ke-25. Sepakan Harry Maguire meneruskan umpan Dele Alli cuma melebar ke kiri gawang.

Semenit berselang, Inggris mendapatkan penalti setelah Alli dijatuhkan Ovidijus Verbickas. Harry Kane maju sebagai eksekutor dan menyarangkan bola ke pojok kiri bawah gawang.

Inggris punya kesempatan bagus menggandakan keunggulan di menit ke-38 lewat aksi Marcus Rashford. Tusukannya dari sisi kiri diakhiri dengan sepakan yang masih bisa diamankan oleh kiper Ernestas Setkus.

Jelang babak pertama berakhir, Lithuania sempat mengancam pertahanan Inggris. Tendangan Fedor Cernych dari luar kotak penalti tampak mengarah ke gawang, tapi pada akhirnya cuma melesat tipis ke kanan gawang.

Babak kedua Inggris juga punya banyak peluang, tapi tidak ada gol tambahan yang tercipta.

Dengan kemenangan ini, Inggris lolos sebagai pemuncak Grup F dengan nilai 26 dari 10 pertandingan. Mereka cuma dua kali gagal menang. Sementara Slovakia berhak finis runner-up dan menjaga peluang dari jalur play-off. Slovakia masih harus menunggu hasil dari tim-tim lain karena hanya punya nilai 12 dari delapan pertandingan yang dihitung --aturan untuk Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona UEFA tak menghitung poin dari tim juru kunci.