Kalau Mau Olahraga, Lebih Baik Makan Dahulu Atau Tidak?
Foto: Pexels

Kalau Mau Olahraga, Lebih Baik Makan Dahulu Atau Tidak?

Kamis, 27 Apr 2017 | 08:58 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Apa yang harus dimakan sebelum berolahraga dan kapan olahraga terbaik? Sekarang sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa tidak makan apa pun sebelumnya mungkin merupakan cara terbaik untuk maju.

Sebuah studi yang dipublikasikan di American Journal of Physiology oleh para periset di University of Bath, kamu mungkin akan membakar lebih banyak lemak jika kamu belum makan terlebih dahulu.

Periset mempelajari sekelompok pria dengan berat badan berlebih yang berjalan selama 60 menit dengan konsumsi oksigen maksimal 60 persen dalam satu skenario pada perut kosong, dan dua jam lagi setelah makan sarapan berkalori tinggi danberkarbohidrat.

Sampel darah mereka diambil setelah makan atau puasa,kemudian setelah berolahraga. Ekspresi gen pada jaringan lemak (adipose) berbeda secara signifikan pada setiap skenario dan ekspresi dua gen yang meningkat saat pria berpuasa dan berolahraga, dan menurun saat berolahraga setelah makan. Ini kemungkinan menandakan bahwa lemak yang tersimpan digunakan untuk bahan bakar metabolisme selama berolahraga daripada karbohidrat dari makanan.

Setelah makan, jaringan lemaknya "sibuk merespons makanan dan olahraga saat ini tidak akan merangsang perubahan [yang menguntungkan] yang sama pada jaringan adiposa. Ini berarti latihan dalam keadaan berpuasa dapat memicu perubahan yang lebih baik pada jaringan adiposa dan ini bisa bermanfaat bagi kesehatan dalam jangka panjang, "penulis studi Dylan Thompson.

Jaringan adiposa memainkan peran penting selama berolahraga dan selama olahraga ringan banyak memberikan energi untuk otot skeletal.

BapakThompson mengatakan bahwa jaringan adiposa dipengaruhi oleh penurunan berat badan dan penambahan berat badan (gen yang meningkatkan penurunan berat badan dan penurunan atau penambahan berat badan) penelitian mereka mengusulkan "makan sebelum latihan menumpulkan beberapa perubahan terkait kesehatan yang disebabkan oleh latihan olahraga".

Namun, penelitian ini memiliki keterbatasan dalam kenyataan hanya sepuluh pria yang diukur dan hanya mengukur efek melewatkan sarapan pada latihan pagi, bukan waktu makan lainnya. Penelitian juga tidak berarti melewatkan makanan sebelum berolahraga akan mengakibatkan penurunan berat badan yang dipercepat.

Ruben Tabaras, pelatih pribadi dan pelatih kekuatan dan pengkondisian, baru-baru ini mengatakan kepada The Independent bahwa dia secara pribadi tidak makan sebelum berolahraga karena ini membuatnya merasa tidak sehat.

"Jika perut mencerna makanan, maka menggunakan darah untuk melakukannya dan darah itu bisa digunakan dengan baik di otot, karena itulah mengapa orang merasa sakit saat berolahraga," sarannya.

Namun, banyak atlet dan pelatih pribadi lainnya memastikan mereka makan sesuatu karbohidrat dan protein yang berat agar memiliki jumlah bahan bakar yang benar di tubuh mereka untuk memberi mereka tenaga melalui latihan yang sulit.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...