Skip to main content

Kalau Naik Pesawat Lihat Lubang Kecil di Dekat Jendela, Inilah Fungsinya

Foto: Dailystar
Foto: Dailystar

WinNetNews.com - Saat liburan, biasanya kamu akan traveling ke sebuah daerah di mana kamu harus menggunakan pesawat untuk bisa sampai ke sana.

Tapi apakah kamu pernah melihat-lihat dan bertanya-tanya - mengapa kru pesawat meredupkan lampu selama take-off? Mengapa hampir semua pesawat putih? Dan kenapa ada lubang di setiap jendela pesawat?

Memiliki lubang di mana saja di pesawat tampaknya gagasan buruk, tapi ada alasan yang baik di balik celah kecil di jendela. Mungkin orang takut terbang, meskipun ada fakta bahwa 2016 adalah benar-benar tahun yang paling aman dalam sejarah penerbangan - tetapi insinyur yang mendesain pesawat benar-benar jenius.

Dan lubang-lubang kecil di dalam pesawat sebenarnya dirancang untuk menghentikan kabin dari depressuring. Federal Aviation Administration (FAA) mengatakan pada Tech Insider, lubang digunakan untuk mengatur tekanan udara. Karena ketinggian pesawat, tekanan udara bisa diatur dengan tekanan udara dalam kabin.

Ada perbedaan antara kedua penempatan lubang pada jendela, yang terdiri dari tiga panel kaca. Yang pertama dari panel ini disebut panel awal, panel tengah adalah satu lubang dan kemudian ada di luar jendela. Ada celah udara kecil di antara panel tengah dan luar dan lubang sebenarnya di panel tengah.

Lubang - atau dikenal sebagai "nafas" bisa menyeimbangkan tekanan udara antara kabin dan celah. Ini pada dasarnya menghindari kita dari pingsan seperti saat kita melambung sampai dengan ketinggian 36,000ft di atas permukaan laut. .

Semua lubang yang penting juga membuat kelembaban dari kesenjangan, mencegah jendela dari asap yang berlebihan. Jadi lain kali saat kamu mengagumi pemandangan burung dengan mata, ingat untuk menghargai bahwa celah kecil di jendela pesawat.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Top