Kalau Novanto Akui Pertemuan, Dia Terbukti Langgar Etik

Kalau Novanto Akui Pertemuan, Dia Terbukti Langgar Etik

WinNetNews.com - MKD akhirnya menjadwalkan pemanggilan untuk Setya Novanto pada Senin (7/12) nanti. Anggota MKD asal PDIP Marsiaman Saragih, menyebut jika Novanto mengakui pertemuan yang disampaikan Maroef Sjamsoeddin, maka terbukti Ketua DPR melanggar etika.

"Nanti kita kroscek, kalau mereka (Maroef dan Novanto) mengakui hadir di pertemuan, maka pelanggaran!" kata Marsiaman kepada detikcom, Jumat (3/12/2015).

Politisi PDIP itu menjelaskan, pengakuan dan pemaparan bukti dari Maroef soal adanya pertemuan pada Juni 2015 bersama Novanto dan Reza Chalid, menjadi dasar kuat untuk mengusut dugaan pelanggaran etik Novanto.

Meski begitu Marsiaman belum mau berspekulasi soal sanski yang akan dijatuhkan, sekiranya Novanto mengakui pertemuan itu. Dia hanya menegaskan bahwa sanksi itu bukan saja atas materi pembicaraan, tapi pertemuannya saja pelanggaran.

Dalam kesempatan sebelum persidangan MKD digelar, Novanto pernah mengakui adanya pertemuan dengan Reza Chalid dan Maroef. Namun Novanto tidak mengakui isi rekaman yang dilaporkan ke MKD. Begitu juga dia sebut pertemuan itu hanya ngobrol-ngobrol biasa.

disadur dari situs detik news