Kalau Sudah Rampung Dibangun Tol, Waktu Tempuh Padang - Pekanbaru Cuma 4 Jam Loh!

Kalau Sudah Rampung Dibangun Tol, Waktu Tempuh Padang - Pekanbaru Cuma 4 Jam Loh!

Rabu, 30 Agt 2017 | 16:44 | kontributor

winnetnews.com - Sepanjang 240 km jalan tol akan dibangun di Sumatera Barat, menghubungkan 3 pusat ekonomi yakni Pekanbaru-Tebing Tinggi-Padang. Apa manfaat dibangunnya jalan tol tersebut?

"Dengan adanya ruas tol ini akan mempersingkat jarak tempuh antara Padang-Pekanbaru yang biasa ditempuh 8 hingga 10 jam menjadi 3 atau 4 jam saja," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulis, Rabu (30/8/2017)

Pembangunan tol ini tentunya akan berdampak pada peningkatan ekonomi bagi Provinsi Sumatera Barat dan Riau khususnya dan Pulau Sumatera pada umumnya.

Selain menghubungkan Pekanbaru dan Padang, jalan tol yang pembangunannya bakal menelan biaya Rp 35 triliun tersebut juga bakal tersambung dengan ruas jalan tol lain yang saat ini tengah dibangun.

Ruas tol Padang-Bukittinggi-Pekanbaru akan terhubung dengan Tol Trans Sumatera yang merupakan bagian dari ASEAN Highway.

Dari data Kementerian PUPR, jalan tol Padang-Bukittinggi-Pekanbaru memiliki rute yang sangat panjang mencapai 240 km sehingga rest area yang akan dibangun juga cukup banyak.

Keberadaan rest area ini nantinya, tambah Basuki akan mengakomodir usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) masyarakat.

"Sehingga kehadiran jalan tol meskipun penting untuk mempercepat mobilitas barang dan jasa, namun tidak mematikan ekonomi UMKM," tandas Basuki.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...