(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Kalau Tidak Mau Miskin Saat Tua, Hindari Kebiasaan Buruk Ini

Oky
Oky

Kalau Tidak Mau Miskin Saat Tua, Hindari Kebiasaan Buruk Ini Sumber : Istimewa

WInnetnews.com - Kebiasaan buruk mengatur uang saat muda rupanya dapat memengaruhi hidupmu saat tua lho. Gak sedikit orang yang saat tua malah hidup susah karena salah urus diri waktu muda.

Karena itu, penting buat kamu menghindari kebiasaan buruk yang bisa bikin masa tuamu menjadi susah alias pusing mikirin duit.

Lalu, apa aja kebiasaan buruk yang harus dihindari? Berikut enam di antaranya:

1. Bergaya bak sosialita

Kebiasaan buruk pertama yang sering dilakukan saat muda dan bikin kamu kere di masa tua adalah hidup mewah bak sosialita.

Gak sedikit orang yang rela merogoh kocek dalam buat membeli barang-barang cuma biar status sosialnya diakui. Bahkan banyak dari mereka yang menghabiskan seluruh gajinya buat membeli tas merek desainer ternama.

Ujung-ujungnya kamu yang jadi kerepotan sendiri karena jadi berhutang sana-sini buat menutupi biaya hidup sehari-hari. Soalnya, besar pasak daripada tiang. Pendapatan kamu gak sebesar pengeluaranmu.

Kalau terus seperti itu, yang ada masa tuamu bakal meringis dan pusing memikirkan tumpukan hutang cuma karena pengin terlihat gaya. Duh, jangan sampai ya.

2. Gak menabung

Gak sedikit anak muda yang belum paham betul pentingnya menabung buat masa depan. Banyak dari mereka yang beranggapan saat ini ya saat ini, nanti ya nanti.

Duh, coba deh hilangkan mindset itu dari pikiran kamu. Pasalnya hal tersebut malah dapat berdampak buruk buat masa tuamu lho.

Kamu gak pengin kan saat tua nanti bukannya berleha-leha menikmati hidup tapi malah pusing mikirin besok pengin makan apa karena gak ada uang.

Karena itu, mumpung masih muda mulai deh buat menyisihkan uang sedikit demi sedikit setiap bulan. Gak masalah kecil yang penting ada.

Kalau kata pepatah, sedikit demi sedikit jadi bukit.

3. Gak investasi

Kini banyak jenis investasi yang ditawarkan oleh lembaga keuangan dengan investasi minimal yang gak gitu besar.

Contohnya reksadana. Kamu bisa investasi di sana cuma dengan modal Rp 100 ribu. Atau dengan mengeluarkan uang Rp 7.000 kamu udah bisa investasi emas batangan dengan membuka tabungan emas.

Meskipun jumlah investasinya terbilang kecil, sayangnya masih banyak anak muda yang enggan mengalokasikan sedikit penghasilannya buat investasi.

Kebiasaan buruk yang dianggap enteng itu malah dapat bikin mereka jadi susah saat tua. Pasalnya, investasi itu jangka panjang.

Jadi kalau dari muda kamu udah memiliki investasi, dijamin masa tuamu bakal tentram dan damai, gak perlu pusing lagi mikirin duit lagi.

Karena itu, yuk mulai peduli pada diri sendiri biar masa tua hidup enak dengan cara investasi sejak masih muda.

4. Gak bijak menggunakan kartu kredit

Gak sedikit anak muda yang stres memikirkan utang kartu kredit karena gak bijak menggunakanya. Padahal jika digunakan dengan bijak, kartu sakti ini bermanfaat banget lho, misalnya dimanfaatkan buat program cicilan nol persen.

Sayangnya, banyak anak muda yang kalap saat memiliki kartu kredit karena beranggapan kalau kartu kredit itu adalah uang tambahannya. Padahal itu salah banget.

Nah, buat mengantisipasi biar kamu gak kere apalagi sampai hidup gak tenang karena dikejar-kejar debt collector, sebaiknya pergunakan kartu kreditmu dengan bijak ya.

5. Kebiasaan berutang

“Pengin  beli sepatu branded, ngajuin pinjaman dulu ke pinjaman online. Nyicil aja setiap bulan biar gak berasa.”

Siapa yang sering seperti itu? Nyicil buat beli barang yang gak penting dan gak dibutuhin. Nah, kebiasaan berutang saat muda ini yang bisa menjerumuskanmu jadi kere saat tua nanti.

Karena itu, sebaiknya hindari kebiasaan yang satu ini ya. Boleh aja beli barang mahal, tapi alangkah baiknya kalau kamu menabung, setelah duitnya udah terkumpul baru deh bawa pulang barang incaran kamu itu dengan membelinya secara tunai.

6. Konsumtif

Keluar produk handphone terbaru, langsung beli. Desainer ternama mengeluarkan barang baru, langsung beli.

Gaya hidup konsumtif itu bisa berbahaya banget lho buat masa tuamu. Ya, gimana gak miskin kalau uangmu habis buat foya-foya doang. Parahnya lagi cuma buat gaya-gayaan.

Duh, mending hindari deh kebiasaan buruk yang satu ini.

Kamu harus bisa membedakan antara keinginan dengan kebutuhan. Atau jika kamu pengin membeli gadget terbaru, sebaiknya ditabung dari beberapa bulan sebelumnya.

Jangan memaksakan diri, menghabiskan seluruh gajimu cuma buat memiliki gadget model terbaru. Balik lagi sih, kamu pengin hidup susah saat tua nanti dengan foya-foya saat muda, atau pas tua bahagia dengan menghemat bujet saat muda.

Itu dia enam kebiasaan buruk saat muda yang bisa bikin kamu miskin di masa tua nanti. Karena itu, biar kamu gak pusing mikirin uang lebih baik kelola keuanganmu sejak muda dengan menghindari enam kebiasaan buruk di atas ya.

Yuk berubah lebih baik dan tinggalkan kebiasaan buruk mulai sekarang.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});