Kalsium Hanya Berguna untuk Penguatan Tulang dan Gigi Saja?
ilustrasi

Kalsium Hanya Berguna untuk Penguatan Tulang dan Gigi Saja?

Kamis, 12 Des 2019 | 06:59 | Rusmanto
Winnetnews.com - Kalsium adalah salah satu nutrisi paling penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Nutrisi ini dikenal sebagai penguat tulang dan gigi. Dengan mengonsumsi makanan dengan kandungan kalsium yang cukup, pengeroposan pada tulang dan gigi tidak akan terjadi meski sudah tua sekalipun.

Berbagai Fakta Tentang Kalsium

Nah, apakah kalsium hanya berkutat seputar tulang dan gigi saja? Jawabannya adalah tidak. Ada banyak hal tentang kalsium yang harus kita ketahui agar bisa hidup dengan lebih sehat setiap hari.

Kalsium harus dipenuhi oleh tubuh setiap harinya. Meski tidak memberikan energi layaknya protein, karbohidrat, dan lemak, nutrisi ini menunjang fungsi organ di dalam tubuh. Berikut fakta tentang kalsium selengkapnya.

1. Manfaat Kalsium untuk Tubuh

Kalsium yang masuk ke dalam tubuh tidak hanya bertugas untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi saja. Lebih dari itu, kalsium juga bermanfaat untuk mengatur atau melancarkan kerja dari organ tubuh seperti peredaran darah, produksi hormon, dan menggerakkan otot saat digunakan.

Kalsium juga bekerja dalam mengantarkan pesan dari otak ke organ tubuh lain agar berjalan sesuai dengan fungsinya. Kalau kalsium sampai tidak terpenuhi tubuh akan mengambilnya dari tulang dan gigi yang merupakan cadangan kalsium tubuh.

2. Sumber Kalsium yang Direkomendasikan

Meski kalsium di tulang dan gigi bisa diambil untuk memenuhi kebutuhan harian, tubuh kita tidak bisa membuatnya sendiri. Kalsium harus didapatkan dari luar. Biasanya sumber kalsium yang paling banyak digunakan terdiri dari:

  • Produk dairy atau olahan susu seperti susu murni, keju, hingga yoghurt.
  • Sayuran dengan daun memiliki warna hijau gelap. Anda bisa mengonsumsi bayam atau sawi.
  • Ikan sarden juga mengandung banyak kalsium dibandingkan ikan laut jenis lainnya.
  • Makanan dengan kalsium tambahan seperti jus jeruk, sereal, dan makanan kemasan lainnya.
  • Kacang almond.

3. Kalsium Membutuhkan Vitamin D

Kalsium bisa didapatkan dari makanan. Namun, apakah kalsium yang masuk bisa langsung digunakan? Jawabannya adalah tidak. Kalsium membutuhkan vitamin D untuk bisa bekerja dengan maksimal. Tanpa vitamin D, seseorang akan susah sekali memanfaatkan kalsium di dalam tubuhnya dan akan terbuang begitu saja.

Penuhi kebutuhan vitamin D harian Anda setiap harinya. Kebutuhan vitamin D harian bisa didapatkan dari makanan seperti kuning telur dan jamur. Selain itu, Anda cukup berjemur saja di bawah sinar matahari. Dengan berjemur, tubuh bisa mendapatkan vitamin D secara langsung. Manfaatkan waktu selama 10-15 menit setiap hari agar tubuh menghasilkan vitamin D secara alami.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...