Kamis Besok Meluncur Paket Kebijakan Ekonomi V

Kamis Besok Meluncur Paket Kebijakan Ekonomi V

WinNetNews.com - Dalam Rapat Kerja Pemerintah 2015, Presiden Joko Widodo mengajak para kepala daerah untuk menatap Indonesia dalam kaca mata yang optimistis. Jokowi juga meminta gubernur, bupati, dan wali kota menyederhanakan perizinan sehingga menarik investasi ke Tanah Air.

"Besok pagi akan kita keluarkan paket yang kelima. Terus ada paket-paket seperti itu untuk jangka pendek, tengah, jangka panjang, untuk pengusaha dan masyarakat. Semuanya terus kita keluarkan," tuturnya di Istana Negara, Rabu (21/10/2015).

"Paket ekonomi ke-1, 2, 3, 4, 5, 6 nanti bisa sampai ke-100, ke-200, ke-400. Saya minta ke tim ekonomi agar setiap seminggu, dua minggu harus keluarkan paket kebijakan untuk memotong menyederhanakan," katanya.

Menurutnya, selarasnya persepsi dan langkah deregulasi antara pemerintah pusat dan daerah akan menjadikan iklim investasi Indonesia semakin baik.

"Saya ingin daerah juga ikuti. Jangan sampai ada investor di sini sudah cepat, tetapi di daerah dipingpong. Harus dibuat simpel, sederhana lagi. Di daerah bisa buat pergub, perbub, perwali, semuanya itu yang harus kita lakukan," tegasnya.

Presiden menambahkan langkah reformasi birokrasi dan deregulasi harus dilakukan agar Indonesia tidak semakin tertinggal dari negara tetangga, seperti India dan Vietnam.

"Kita enggak mau kita ini sudah keduluan Vietnam, pertumbuhan kalah dengan India, Vietnam cepat sekali. Kalau enggak mau merespons, mengubah ya akan di tinggal betul," pungkasnya.