Kamu Bisa Tau Kondisi Motor Kamu Cuma Dari Knalpot Lho

Oky
Oky
Sabtu, 14 Juli 2018 09:08 WIB
Oleh Oky pada Sabtu, 14 Juli 2018 09:08 WIB
Image Kamu Bisa Tau Kondisi Motor Kamu Cuma Dari Knalpot Lho
sumber foto : istimewa

Winnetnews.com - Mengetahui kondisi mesin dari sepeda motor punya kamu sebenarnya cukup mudah. Kamu cuma tinggal melihat pada bagian ujung knalpot motor dan dari sana dapat diketahui, mesin kamu sedang dalam kondisi yang baik-baik saja atau tidak.

Hal Pertama yang harus diperhatikan dan dilihat melalui warna asap yang keluar dari knalpot. Ini untuk mengetahui seperti apa kondisi motor Anda. Berikut arti kondisi yang terjadi berdasarkan warna.

Warna hitam pekat

warna knalpot yang hitam sekali, menandakan pembakaran tidak stabil, sehingga kondisi mesin yang tidak prima terutama di sistem pembakaran. Ini dapat dilihat juga di ujung knalpot, jika disentuh dengan ujung jari. Jika ada debu hitam, maka dipastikan masalahnya ada di pembakaran.

Pembakaran terlalu banyak, karena ada kotoran di udara yang masuk dari filter sudah tidak maksimal. Percikan api juga memengaruhi pembakaran yang baik kalau udara, bensin, dan api takaran yang sesuai.

Warna putih

Asap berwarna putih yang keluar di knalpot menandakan ada kebocoran, adanya rembesan oli di ujung knalpot. Maka dapat dipastikan, bahwa ada kebocoran yang terjadi di bagian klep, yakni oli seal klep (berbentuk payung), ring piston (terletak pada bagian depan mesin), atau dinding silinder yang tergores. Artinya, kalau piston sudah aus (kalah), maka oli bisa merembes ke ruang bakar dan akan keluar melalui knalpot. Kalau seperti ini performa motor bisa menurun.

ciri mesin berada dalam kondisi yang baik, maka knalpot bersih atau berwarna keabu-abuan.

Cara Move On dari Mantan Pacar
Serangan Udara di Suriah Tewaskan 7 Warga Sipil

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.