(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Kamu Bisa Tau Sifat Orang Dari Jenis Musik Kesukaannya Lho

Oky
Oky

Kamu Bisa Tau Sifat Orang Dari Jenis Musik Kesukaannya Lho sumber foto : istimewa

Winnetnews.com - Musik merupakan salah satu bahasa yang universal. Melalui melodi, nada, dan lirik, orang bisa terkoneksi dengan banyak orang dan hal di berbagai penjuru dunia. Sejumlah orang pun menjadikan musik sebagai salah satu referensi gaya hidup.

Tahukah Anda bahwa selera musik Anda akan mencerminkan kepribadian. Bagi yang sedang menebak-nebak bagaimana jati diri seseorang, Anda tidak perlu menelusuri kepribadiannya terlalu jauh. Anda hanya perlu tahu jenis musik seperti apa yang disukainya.

Berikut ini, berbagai hal yang bisa Anda ungkap dengan hanya mengetahui selera musiknya seperti yang dilansir dari keluarga.com, yaitu:

1. Ekstrovert atau Introvert

Pria yang ekstrovert memiliki jenis musik kesukaan yang tanpa basa-basi. Musik yang tanpa basa-basi di sini bermaksud tidak terlalu banyak dihiasi improvisasi rumit dan melodi, serta lirik yang ada pada lagu tidak berlebihan. Jenis musik yang disukai pria ekstrovert seperti hip hop, electronic dance, dan reggae.

Berbeda dengan mereka yang memiliki kepribadian introvert. Mereka justru menyukai jenis musik yang bergejolak dan melodi dan ritme yang naik turun, misal heavy metal, classical, dan rock ballad. 

2. Tingkat Kepercayaan Diri

Terdapat sebuah penelitian yang dilakukan Profesor Adrian Northseorang dari Universitas Heriot-Watt, Edinburgh, Inggris. Profesor ini mengungkapkan tentang karakter seseorang melalui genre musik yang disukainya. Setelah melakukan penelitian kepada seluruh genre musik yang ada, rupanya hampir semua memiliki tingkat kepercayaan diri yang cukup tinggi.

Namun, hal ini tidak ditunjukkan pada mereka yang menyukai genre indie, heavy metal, dan rock. Mereka yang menyukai genre musik ini seringkali merasa galau dan kecewa, tapi tidak pernah disampaikan secara langsung. Sama seperti liriknya yang dikemas dengan banyak metafora. Lirik yang ada dibuat untuk menutup-nutupi ketidakberanian untuk menyuarakan perasaannya secara eksplisit.

3. Hubungan Sosial

Jika ingin mengetahui lebih dalam bagaimana kepribadian seseorang, salah satu cara yang bisa Anda lakukan dengan resiko kecil adalah mengetahui lagu kesukaannya. Dari situ, Anda juga bisa mengetahui bagaimana hubungan sosial dirinya dengan orang lain.Ia mungkin sosok yang enggan untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa ia merupakan sosok yang senang untuk bersosialisasi dengan lingkungan di sekitarnya. Semuanya ini, Anda bisa ketahui dengan mudah saat mengetahui jenis musik yang disukainya.

Ketika ia menilai hubungan sosial salah satu hal yang penting maka mereka biasanya menyukai jenis musik yang mampu membuat selalu bersemangat. Dari jenis musik yang disukainya, Anda juga bisa tahu, apakah ia sudah move on dari mantannya atau belum. Jika ia belum move on dari mantannya, biasanya ia senang mendengarkan lagu yang mampu membuatnya tenggelam dalam lautan kenangan. Lagu-lagu tersebut biasanya berupa lagu yang slow.

4. Ego

Salah satu jenis musik yang mampu membuat seseorang lebih termotivasi adalah musik yang mampu membuat Anda selalu berenergi seperti musik dance dan rock. Jika dilihat dari sisi positifnya, mereka yang mencintai musik rock sangat mudah untuk memotivasi diri tanpa perlu diminta atau dimotivasi oleh orang lain.

Selain itu, mereka juga sosok yang selalu penuh dengan semangat dan easy going. Tak perlu heran jika mereka selalu menjalani hari-harinya dengan penuh semangat dan selalu positif thinking. Namun, apabila dilakukan berlebihan, hal ini justru akan membuat mereka yang menyukai genre musik rock terlihat self-center atau egois. Untuk itu, bagi Anda para pecinta musik rock, kendalikan diri dengan lebih baik.

5. Tingkat Empati

Apakah seseorang yang Anda sukai senang mendengarkan musik yang memiliki tempo yang lambat? Biasanya, mereka yang menyukai tempo musik yang lambat memiliki tingkat emosional yang cukup tinggi. Tidak hanya tingkat emosional saja, tapi ia juga memiliki tingkat empati yang tinggi. Musik yang temponya lambat dinilai mampu membuat dirinya lebih tenang untuk menghadapi berbagai hal. Apalagi, musik yang memiliki tempo lambat sangat diidentikkan dengan lagu yang sedih. Hal ini akan membuat mereka lebih menekankan emosi yang dirasakannya.

Bagi yang memiliki kepribadian hiperaktif, Anda harus mencari pasangan yang benar-benar menggunakan hatinya dalam berbagai hal yang dilakukannya. Jenis musik yang memiliki tempo slow adalah kontemporer, slow rock atau ballad rock, soul, dan RnB. Namun, jika seseorang menyukai lagu yang temponya cepat maka ia lebih mengutamakan cara berpikir dengan menggunakan logika, bukan dengan perasaan seperti yang dilakukan oleh mereka yang menyukai musik yang temponya lambat.

Mereka yang selalu berpikir dengan menggunakan logika dan tidak menyertakan perasaan, biasanya tipe orang yang blak-blakan dan selalu mengucapkan berbagai hal apa-adanya. Bagi Anda yang memiliki perasaan yang sensitif, disarankan untuk tidak mencari pasangan yang seperti tiu. Hal ini dikarenakan Anda bisa merasakan sakit hati yang teramat ketika ia menilai Anda.

 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});