(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Kamu Harus Tahu Manfaat Lemon Madu Ini

Oky
Oky

Kamu Harus Tahu Manfaat Lemon Madu Ini Sumber Foto : Istimewa

Winnetnews.com - Sejak dulu lemon memang sangat dikenal sebagai buah yang sangat berguna untuk membersihkan racun yang ada di dalam tubuh. Namun ketika sudah bercampur dengan madu, hasilnya akan berbeda lagi.

Seorang Dokter yang sudah lama menggeluti dunia pengobatan Ayurveda di Jeddah-Arab Saudi, Dr Manisha Samant Bora, BAMS, MD memaparkan bahwa lemon bisa menjadi sumber dari nutrisi dan juga antioksidan untuk memulihkan kondisi fisik tubuh.

Mengulik kembali kandungan lemon sendiri, mereka diperkaya asam organik, karotenoid, berbagai Vitamin, mineral, flavonoid, lipid, komponen volatil dan sebagainya. Sedangkan madu memiliki komposisi penting layaknya riboflavin, asam folat, asam pantotenat, serta Vitamin B6. Jadi, membuat minuman hangat dari kedua bahan tersebut, dapat meremajakan tubuh, mengobati penyakit serta mencegah gangguan yang tak diinginkan.

Manfaat kombinasi lemon dan madu memang senada dengan hasil studi dalam National Institutes of Health ( NIH ), menunjukkan bahwa mengombinasikan air lemon dengan madu telah teruji sebagai obat kesehatan alternatif untuk sakit tenggorokan. Tapi bagaimana efeknya kalau kita menyeduh air lemon hangat dan madu ini setiap pagi..? Simak ulasannya :

1. Menyehatkan Sistem Pencernaan
Minum air lemon dicampur madu secara rutin setiap pagi, memberi dorongan instan agar sistem pencernaan bekerja dengan baik. Kemudian menghindarkannya dari ragam penyakit. Minuman segar tersebut akan mendorong hati untuk banyak memproduksi Empedu, sehingga proses pemecahan makanan bisa bekerja lebih efektif. 

2. Menurunkan Berat Badan
Madu maupun lemon, keduanya mempunyai peran penting untuk menunjang program diet.  Lemon dapat membantu menurunkan berat badan, karena membuat sistem metabolisme bisa berjalan optimal. Selanjutnya mampu menghambat sintesis lemak tertentu dalam tubuh, serta menurunkan kadar kolesterol dalam darah. 

Sedangkan madu menurut penelitian seorang ahli gizi bernama Mike McInnes mengungkapkan, madu termasuk makanan pengganti gula yang dapat membantu penurunan berat badan. Kalau tubuh terus menerus terpapar oleh konsumsi gula berlebih, tentu proses penurunan berat badan akan lebih sulit. Tapi dengan mengonsumsi madu akan berfungsi melindungi sel – sel otak, agar tidak sampai kecanduan makanan bergula.

Jadi ketika Anda minum air lemon hangat ditambah beberapa tetes madu secara rutin, demikian itu merupakan langkah sehat untuk menurunkan berat badan.

3. Membersihkan Usus yang Kotor
Kombinasi madu dan lemon membuat usus jadi lebih bersih dari endapan kotoran. Minuman yang terbuat dari dua bahan tersebut, akan meningkatkan gerakan Peristaltik dalam saluran pencernaan. Jika gerakan otot – otot sistem pencernaan meningkat, secara tak langsung akan memudahkan usus membersihkan penumpukan racun / kotoran.  Manfaat minum air lemon dan madu juga akan membuat kondisi usus besar tetap terhidrasi, sehingga dapat terlindungi dari munculnya konstipasi.

4. Melindungi Tubuh Terkena Infeksi
Baik infeksi organ dalam maupun luar, cobalah mengatasinya dengan minum air lemon hangat yang ditambahkan madu. Menurut Dr Manisha memaparkan, minuman tersebut mampu meningkatkan Anti – bakteri  serta produksi Kolagen kulit. Sehingga khasiatnya dapat melindungi kulit dari infeksi, membersihkan noda hitam, jerawat bahkan mencegah kulit keriput akibat radikal bebas. 

Manfaat minum air lemon dikenal sebagai agen pembersih tubuh alami, yakni memiliki efek diuretik yang bekerja membersihkan saluran kemih dan mencegah dari pembentukan infeksi dalam tubuh. Semisal infeksi saluran pernapasan, radang amandel maupun sakit di tenggorokan.

5. Sebagai Sumber Alkali
Ketika pH tubuh cenderung memiliki tingkat keasaman tinggi, pastinya akan memperbesar kemungkinan berbagai penyakit mulai berdatangan bukan..?. Boleh - boleh saja Anda minum air lemon dan madu sebagai penyeimbangnya. Meski lemon cenderung bersifat asam, namun berubah jadi basa saat berada dalam tubuh. Karena asam sitrat pada lemon, tidak menciptakan keasaman setelah proses metabolisme tubuh. 

Selain poin di atas, masih banyak lagi manfaat minum air lemon  hangat & madu di pagi hari. Di antaranya : Mengatasi bau mulut, mempercepat penyembuhan luka, mengontrol tekanan darah, meningkatkan energi serta sistem kekebalan tubuh.

Untuk membuat minuman lemon & madu juga tidaklah sulit, caranya :

Tuangkan air hasil perasan ½ buah lemon ke dalam gelas berisi air hangat, tambahkan satu sendok teh madu, lalu minum setiap pagi saat perut kosong. 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});