Skip to main content

Kamu Harus Tau Nih Manfaat Daun Kersen Yang Sering Disepelekan

sumber foto : istimewa
sumber foto : istimewa

Winnetnews.com - Siapa yang tidak tahu buah kersen? Meskipun di tiap daerah namanya bisa berbeda-beda, namun pohon ini sangat mudah ditemui di berbagai tempat. Biasanya, selain dinikmati buahnya, pohon kersen juga sering digunakan sebagai pohon untuk berteduh karena memang bentuk dedaunannya yang menyerupai payung.

Namun, kebanyakan dari kita mungkin tidak mengetahui bahwa daun kersen juga memiliki kandungan yang baik untuk tubuh kita. Apa saja manfaatnya? Berikut akan kita ulas di sini, guys!

1. Obat diabetes

Buah kersen memang dikenal sebagai buah yang bisa digunakan untuk mengobati diabetes. Tidak berhenti pada buahnya saja, namun daunnya pun juga turut dapat dijadikan obat untuk penyakit diabetes. Sejak dulu, daun kersen ini dikenal sebagai ramuan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi gula darah tinggi karena mengandung saponin serta flavonoid yang cukup tinggi yang mampu melakukan sekresi hormon insulin yang dibutuhkan tubuh untuk metabolisme gula.

2. Mencegah perkembangan tumor

Sepertinya, mengobati penyakit memang menjadi salah satu ciri khas dari daun kersen. Manfaat lain yang bisa diperoleh dari mengonsumsi daun kersen ini adalah untuk mencegah pertumbuhan tumor di tubuh karena memiliki kandungan flavonoid, tannin, dan juga saponin yang cukup untuk melakukannya. Kandungan yang ada di dalam daun ini mampu menghambat pertumbuhan sel ganas yang pada akhirnya dapat menyebabkan tumor.

3. Menurunkan kolesterol

Tingkat kolesterol dalam darah memiliki batasan yang tidak boleh dilewati. Jika tingkat kolesterol yang ada di dalam darah melebih batas normal yang seharusnya, efeknya bisa gawat. Kamu bisa saja mengalami penyakit serius seperti stroke ataupun serangan jantung. Menurunkan kolesterol jahat ini memang dapat dilakukan dengan berbagai cara, namun menggunakan daun kersen merupakan cara yang paling mudah. Daun kersen ini ternyata memiliki kandungan yang mampu menurunkan tingkat kolesterol dalam darah.

4. Meredakan nyeri

Nyeri yang ada pada tubuh, entah itu sedikit ataupun banyak tentu akan menimbulkan rasa tidak nyaman bagi kita. Apalagi jika rasa nyeri itu tidak kunjung hilang. Nah, daun kersen ini mampu mengobati rasa nyeri yang ada pada tubuh. Daun ini memiliki kandungan alami di dalamnya yang berkhasiat untuk meredakan rasa nyeri yang menyerang tubuh tanpa menimbulkan efek samping apapun dalam penggunaannya.

5. Baik untuk diet

Ketika melakukan diet, kita tidak saja hanya sekedar mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi, akan tetapi kita juga perlu mengganti subjek makanan yang kita konsumsi. Dan daun kersen ini patut di coba sebagai salah satu menu diet. Karena memang daun ini memiliki kandungan yang banyak di mana di antaranya mampu menjaga berat badan untuk tetap ideal serta tubuh tetap sehat.

6. Anti inflamasi

Inflamasi atau peradangan juga merupakan salah satu penyakit yang cukup mengganggu. Setiap penyakit ini menyerang, kondisi tubuh akan berada pada situasi yang tidak nyaman untuk melakukan aktivitas. Nah, daun kersen ini ternyata juga memiliki kandungan yang dapat menjadi anti inflamasi atau menyembuhkan peradangan. Daun ini bisa menyembuhkan berbagai radang yang ada di tubuh seperti radang tenggorokan ataupun radang lain secara alami.

Memang segala sesuatu yang dari alam sebenarnya sangat baik untuk tubuh kita. Dan obat dari penyakit-penyakit kita sebenarnya tersebar di alam, hanya saja kita perlu mencari tahu kandungan yang ada di dalamnya dan mencocokkannya dengan penyakit yang diderita. Penjelasan diatas terkait daun kersen ini merupakan salah satu bukti nyata dimana dari satu jenis daun saja mampu memiliki berbagai kandungan yang baik untuk kesehatan.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top