(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Kamu Harus Tau Rahasia Dari AC Ini

Oky
Oky

Kamu Harus Tau Rahasia Dari AC Ini sumber foto : istimewa

Winnetnews.com - AC (Air Conditioner) alias Pendingin ruangan merupakan perangkat elektronik yang sangat dibutuhkan oleh banyak orang baik itu dikantor, dirumah atau disekolah. Juga mungkin kamu sudah terbiasa menekan tombol remote AC untuk menghidupkan atau mematikannya ,tetapi apakah kamu mengetahui bagaimana cara menggunakan AC dengan tepat? AC sering sekali menguras banyak listrik bahkan rusak jika kamu nggak menggunakannya dengan tepat dan benar.

Nah, 7 rahasia ini akan membantu kamu untuk mengetahui cara menggunakan AC dengan tepat dan membuatmu jauh lebih irit dan dingin .

1. Suhu AC dengan 26 derajat Celcius merupakan suhu yang paling tepat, nyaman dan nggak buat sakit.

Memang tubuh kita sudah terbiasa mampu menyesuaikan suhu dimana pun berada, tetapi kadang-kadang hal itu nggak selalu berhasil dan daya tahan tubuh kita nggak selalu kuat. Jika suhu diluar ruangan dan didalam ruangan jauh berbeda, hal ini bisa saja buat tubuh kita jatuh sakit. Maka suhu 26 derajat Celcius sangat cocok buat kamu nyaman dan irit juga.

2. Jika udara terlalu panas dan lembab, ubah mode AC menjadi “Dry”

Saat musim hujan, udara akan terasa lebih panas dan lembab, biasanya kita suka mengubah mode AC ke “cool”. Perlu kamu ketahui ternyata mode ini justru membuat AC kita boros karena berputar terlalu kencang lho. Mulai sekarang, coba deh kamu ubah modenya ke “dry” karena mode ini membuat kipas AC akan bergerak dengan lambat dan stabil, selain itu mode “dry” mampu menyerap lembab lebih banyak. Coba yuk!

3. Jendela harus dibuka setelah 3 jam menggunakan AC

Banyak sekali orang yang nggak tahu hal penting ini. Sering sekali kita menghidupkan AC seharian bahkan melewati dari 6 jam tanpa membiarkan udara berganti. Ternyata jika AC terus menyala dan ruangan tertutup selama 3 jam mengakibatkan udara sudah nggak segar lagi karena nggak ada sirkulasi udara. Bila selama 6 jam nggak ada pergantian udara, maka udara diruangan tersebut sudah berpolusi sangat berat. Hal ini bisa mengganggu pernafasan kamu, bisa membuat kamu flu, pusing dan kamu menjadi candu berada di ruangan AC yang tertutup. Sebaiknya buka lah jendela setiap 3 jam menggunakan AC.

4. Arah mulut AC ke atas

Nah, jika kamu menginginkan ruangan kamu cepat dingin saat menghidupkan AC, aturlah arah mulut AC ke atas karena hal ini akan membuat angin AC lebih cepat memenuhi ruangan dan stabil.

5. Buka AC dulu, baru tutup jendela atau pintu

Hal penting yang harus diperhatikan ketika membuka AC adalah langkah- langkahnya: Kamu harus masuk ruangan dulu, buka AC, baru tutup jendela. Tujuannya adalah, saat kamu membuka AC, udara akan berputar dan keluar setelah itu baru tutup jendela atau pintumu.

6. Saat masuk ruangan jangan buru-buru hidupin AC

Ini nih, salah satu kebiasaan yang dilakukan oleh banyak orang termasuk saya. Apalagi kalau habis dari luar dimana udara sangat panas sekali, rasanya ingin sekali menyejukkan diri dibawah AC yang dingin segera mungkin.

Tetapi ternyata menghidupkan AC buru-buru saat memasuki ruangan mengakibatkan tekanan darah naik tinggi dalam sesaat, ini diakibatkan karena suhu luar yang tinggi membuat tubuhmu nggak sempat menyesuaikan suhu rendah di ruangan. Alangkah lebih baiknya, kamu tunggu dulu beberapa saat sampai suhu tubuhmu menyesuaikan supaya kesehatanmu juga aman dan nggak terancam.

7.  Tidur menyamping saat AC nyala

Menurut Dokter Li dari Taiwan, sebaiknya tidurlah menyamping bila buka AC , karena hal ini bisa mencegah kamu bernafas dengan membuka mulut dan membuat aliran udara lebih stabil.

Hal ini patut kita ikuti, karena saat AC menyala dan kita tidur terlentang, hal ini bisa membuat kesehatan kita drop karena angin yang langsung meniup ke tubuh kita, juga membuat mulut kita jadi kering.

Nah, ketujuh rahasia diatas sangat cocok sekali untuk kamu terapkan didalam kamar kos, kantor atau dirumahmu serta dimana saja kamu memiliki AC. Selain berguna bagi kesehatanmu, kamu juga irit terhadap listrik. Berlakulah bijak supaya kamu selamat (Amsal 28:26b), Nah loh, yuk bijak menggunakan AC dari hari ini, hehe.

 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});