Kamu Sadar Gak? 5 Tempat Ini Jadi Sarang Kuman di Dalam Pesawat!
Foto: Pexels

Kamu Sadar Gak? 5 Tempat Ini Jadi Sarang Kuman di Dalam Pesawat!

Selasa, 8 Mei 2018 | 11:57 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Apakah kamu sering menggunakan pesawat untuk traveling? Mungkin kamu sudah tidak asing dengan beberapa benda ini. Tapi apakah kamu sadar kalau benda-benda tersebut ternyata memiliki kuman yang sangat banyak?

Ssebuah tim ahli mikrobiologi memeriksa bandara dan pesawat terbang, mereka menemukan bahwa nampan lebih banyak bakteri daripada toilet. Seperti dikutip dari My Domaine , inilah beberapa titik di pesawat yang punya banyak bakteri:

1. Meja baki

Ketika tim peneliti dari University of Arizona menguji sebuah meja, mereka menemukan bahwa 60% meja baki mengandung bakteri jahat termasuk E. coli dan MRSA. Ahli kesehatan perjalanan dan penulis Jane Wilson-Howarth mengatakan bahwa meja baki tidak mungkin mengandung kuman berbahaya, kuncinya adalah memastikan alat makan dan barang-barang yang tersentuh makanan bersifat sanitasi. "Dalam keadaan normal, satu-satunya cara agar kotoran masuk ke dalam tubuh adalah dengan cara mulut, jadi selama alat pemotong dan tangan bersih, kamu aman," katanya pada MyDomaine.

2. Majalah penerbangan

Kamu sering membolak-balik majalah penerbangan? mungkin kamu pikir ini tidak berbahaya. Tapi penelitian menunjukkan bahwa ini adalah cara pasti untuk menangkap bakteri. Pakar dari Drexel Medicine, sebuah sistem kesehatan yang terkait dengan Philadelphia's Drexel University College of Medicine, menunjukkan bahwa ratusan orang cenderung menyentuh majalah dalam penerbangan, yang jarang diganti. "Satu-satunya saat mereka 'dibersihkan' adalah saat sebuah majalah baru terbit," yang terkadang tidak seperti seperempat.

3. Selimut dan bantal

Petugas penerbangan Southwest Airlines mengkonfirmasi kalau selimut dan bantal yang disuplai tidak selalu dicuci, bahkan jika kamu menerimanya terbungkus plastik. Dia mengatakan "satu-satunya yang segar yang pernah saya lihat ada pada penerbangan pertama yang berasal dari pagi di sebuah kota yang sedang ada persediaan ... [dan biasanya] hanya dilipat ulang dan dimasukkan kembali ke tempat sampah di antara penerbangan."

Sementara Wilson-Howarth mengatakan bahwa selimut dan bantal seharusnya tidak Menjadi perhatian besar bagi pelancong, sebuah penyelidikan di Wall Street Journal 2007 menemukan bahwa maskapai penerbangan yang membersihkan selimut mereka setiap lima sampai 30 hari, atau "sesuai kebutuhan."

4. Kamar mandi alias toilet

Tidak mengherankan jika kamar mandi adalah tempat berlindung bagi kuman, tapi satu studi menunjukkan titik terburuk: tombol flush toilet. Area ini bahkan berada di atas jok toilet dan kunci kabin. Wilson-Howarth mengatakan solusinya sederhana. "Cuci tanganmu dengan sabun dan banyak air setelah pergi ke kamar mandi, dan keringkan juga tanganmu sebelum makan." katanya.

5. Air

Kurangnya kelembaban di udara kabin membuat kamu ingin sering minum air, namun penelitian menunjukkan bahwa airplane fountains adalah sarang terbesar kedua untuk kuman, setelah tabel baki. Periset menemukan 1240 unit pembentuk koloni per inci persegi, peringkatnya jauh lebih kotor daripada permukaan kamar mandi.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...