Kamu Semua Mesti Tau Nih Tanda Tanda Lemah Jantung

Kamu Semua Mesti Tau Nih Tanda Tanda Lemah Jantung Sumber foto : istimewa

Winnetnews.com - Kardiomiopati atau lemah jantung merupakan penyakit yang berhubungan dengan otot jantung.

Lemah jantung bisa menyebabkan detak jantung yang lemah ataupun tidak teratur bahkan bisa menyebabkan  gagal jantung pada penderitanya. Dalam beberapa kasus, kardiomiopati adalah penyakit turun temurun dan banyak terjadi pada anak kecil dan remaja.

Berikut ini adalah gejala atau tanda gejala lemahnya jantung : 

1. Nafas Pendek

Baik saat melakukan aktivitas atau beristirahat, orang dengan jantung lemah memiliki nafas pendek. Tidak hanya itu, beberapa orang bahkan sering mendapati sesak nafas, apalagi jika aktivitas yang dilakukan terlalu berat. Kondisi ini disebabkan oleh lemahnya kinerja jantung, serta darah yang kurang terpompa dengan baik sehingga banyak darah yang memenuhi paru-paru.

2. Sering batuk

Jika Anda sering batuk lama tidak sembuh. Bisa jadi itu pertanda gejala jantung lemah. Penyebabnya adalah tumpukan cairan di paru-paru dan tumpukannya bercampur darah dan dahak. Karena itu, penderita lemah jantung bisa mengalami batuk darah.

3. Mudah lupa

Biasanya yang mudah melupakannya adalah orang tua, tapi anak muda juga bisa. Anak mudah yang sering lupa, bisa jadi itu karena lemah jantung. Jantung yang lemah membuat oksigen yang dibawa darah untuk disalurkan ke otak berkurang, sehingga menyebabkan ingatan menurun.

4. Sering sakit kepala

Kurangnya asupan oksigen ke otak juga bisa membuat sakit kepala. Sedangkan jika jumlah zat tertentu (seperti sodium misalnya) dalam darah tidak terkontrol, maka hal itu bisa menyebabkan kurang fokus. Tak heran beberapa orang tidak sadar bahwa ia menderita lemah jantung.

5. Mudah lelah, berkeringat, dan pingsan

Memang, gejala yang satu ini tidak hanya disebabkan oleh lemah jantung, karena banyak kondisi lain yang bisa menyebabkannya.

Bila jantung gagal berfungsi sebagaimana mestinya, oksigen yang dibawa oleh darah tidak akan menyebar dengan baik ke seluruh jaringan dan organ tubuh.

Hal ini menyebabkan fungsi organ dan jaringan menurun sehingga membuat seseorang mudah lelah. Karena itu, tidak mengherankan bila orang dengan lemah jantung juga mudah berkeringat dan pingsan.