Kamu Sering Sikat Gigi Sehabis Makan & Minum? Yuk Perhatikan Hal ini!

Kamu Sering Sikat Gigi Sehabis Makan & Minum? Yuk Perhatikan Hal ini!

WinNetNews.com -  Menjaga kebersihan dan kesehatan gigi sangatlah penting. Para ahli gigi menganjurkan kamu untuk rajin sikat gigi, minimal 2 kali sehari. Kamu termasuk orang yang rajin sikat gigi? Tahukah kamu kalau para ahli memperingatkan bahwa menyikat gigi terlalu banyak bisa membahayakan.

Bahkan menyikat gigi langsung sehabus makan bisa merusak gigi kamu, dam efeknya bisa lebih buruk daripada kamu meminum minuman yang mengandung zat asam.

Diketahui bahwa zat asam dalam minuman dapat membakar sampai enamel gigi kamu. Apalagi setelah minum langsung menyikat gigi, itu akan membuat gigi kamu menjadi lebih buruk dibandingkan tidak menyikat gigi.

Menurut Dr Bushra, General Manager, India Dental Association (IDA) menjelaskan, "kita perlu menyikat gigi dua kali sehari, tidak wajib sehabis makan. Pengaruh menyikat gigi langsung setelah makan tergantung pada jenis makanan yang dimakan."

Makanan yang bersifat asam seperti minuman soda dan jeruk mempunyai sifat asam dan enamel bisa berpengaruh dan melemah. Menyikat gigi yang enamelnya melemah lebih berbahaya daripada tidak menyikatnya. Selain itu, menyikat berlebihan dapat mengakibatkan tereksposnya tubulus dentin yang menyebabkan gigi sensitif.

Baca juga: Gigi Bungsu Tumbuh di Usia 23 Tahun? Gak Usah Panik, Nih 6 Fakta Gigi Bungsu!

Dr Anurag Singh seorang senior konsultan bedah maksilofasial mengatakan, "Kamu dapat menyikat gigi setelah sarapan dan sekali setelah makan malam, tapi setidaknya dengan jeda 30 menit untuk menetralkan asam."

Selain itu, menyikat gigi dengan kuat dapat menyebabkan gusi berdarah dan membuat gigi menjadi lebih sensitif terutama jika bulu sikat kamu sudah rusak.

Jadi seaiknya kalau hanis minum atau makan makanan yang bersifat asam jangan langsung sikat gigi ya Winers. Biasakan minum air putih setelah selesai makan dan minum minuman yang berasa. Minum air putih setidaknya bisa menetralkan kondisi gigi dan mulut kamu.