Kamu yang Mana Ya? Ini 5 Aliran Musik dan Hubungannya dengan Kepribadian

Muchdi
Muchdi

Kamu yang Mana Ya? Ini 5 Aliran Musik dan Hubungannya dengan Kepribadian Ilustrasi mendengarkan music ( foto Net )

WinNetNews.com - Ada yang suka musik rock, ada yang suka musik jaz, masing-masing orang bisa memiliki selera musik yang berbeda. Hal ini menurut psikolog wajar saja karena memang selera musik ternyata bisa berhubungan dengan kepribadian kita.

Profesor Dr Todd B. Kashdan dari George Mason University mengatakan bahwa musik secara umum bisa dibagi menjadi lima kategori. Masing-masing kategori tersebut bisa disenangi orang-orang dengan tipe kepribadian tertentu.

Dikutip dari situs detikHealth, Jakarta, Minggu (11/11/2018), Apa saja itu? Berikut penjelasannya:

1. Lagu rumit (sophisticated)

Apa yang dikategorikan lagu rumit menurut Prof Todd adalah lagu-lagu klasik atau marching band dengan nada instrumen yang kompleks, menginspirasi, dan terdengar pintar. Orang yang menyukai musik jenis ini kemungkinan memiliki kepribadian yang terbuka, mudah penasaran, dan kreatif.

2. Lagu intens (intense)

Kelompok lagu intens adalah lagu yang memiliki nada tajam dan keras seperti contohnya lagu rock atau metal. Menurut Prof Todd orang yang suka lagu intens kurang lebih hampir sama seperti penyuka lagu sophisticated yaitu berpikiran terbuka dan kreatif.

Hanya saja dibandingkan yang lain penyuka lagu intens juga cenderung lebih bersikap dominan dan spontan. "Dari semua penyuka aliran musik, penyuka musik intens cenderung memiliki sikap yang paling tidak hati-hati. Spontan, tidak teratur, kurang memiliki pengendalian diri," tulis Prof Todd untuk Psychology Today.

3. Lagu bersahaja (unpretentious)

Kelompok lagu bersahaja bisa dibilang sebagai lagu yang memiliki nada sederhana namun tetap enak didengar contohnya musik country. Menurut Prof Todd orang yang suka jenis lagu ini cenderung mudah bekerja sama dan ramah.

Penyuka lagu ini juga cenderung memiliki sikap konservatif, kurang terbuka, dan tidak tertarik untuk mengeksplorasi perasaan.

4. Lagu sendu (mellow)

Kelompok lagu sendu adalah lagu dengan nada yang mendayu dan seringnya bersifat romantis sebagai contoh musik jaz. Orang yang menyukai kelompok lagu ini bisa jadi memiliki sifat yang terbuka dan bijaksana.

5. Lagu kontemporer (Contemporary)

Kelompok lagu kontemporer adalah lagu yang didominasi oleh nada elektronik dan mencakup genre luas mulai dari rap hingga elektronika. Penyuka lagu jenis ini disebut Prof Todd bisa memiliki kepribadian yang mudah bergaul dan energik. " tetapi mungkin kamu cenderung tidak mencolok dalam situasi sosial," pungkas Prof Todd.

Apa Reaksi Kamu?