(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Kanada Bakal Cantumkan Gender Baru!

Fellyanda Suci Agiesta
Fellyanda Suci Agiesta

Kanada Bakal Cantumkan Gender Baru! Foto: Unilad

WinNetNews.com - Kanada telah mengambil langkah besar dalam mendukung kesetaraan dengan memperkenalkan kategori gender ketiga pada paspornya. Dan esok, Kanada akan menyatakan gender mereka sebagai 'X' pada paspor mereka dalam sebuah langkah yang akan memudahkan orang-orang yang tidak teridentifikasi pria atau wanita.

Orang juga dapat melakukan ini pada dokumen lain yang dikeluarkan oleh departemen Imigrasi, Pengungsi dan Kewarganegaraan Kanada (IRCC) untuk lebih mencerminkan identitas gender mereka.

Langkah gender ketiga diumumkan dalam sebuah pernyataan dari pemerintah minggu lalu yang menjelaskan bahwa 'X' akan menunjukkan bahwa gender individu tidak ditentukan.

Isinya seperti:

"Sebagai orang Kanada, kita tahu bahwa melindungi dan mempromosikan hak asasi manusia merupakan keharusan bagi pemerintah dan individu. Ini termasuk identitas gender, ekspresi gender, dan orientasi seksual. Pengumuman hari ini mengikuti langkah-langkah untuk melindungi orang-orang Kanada dalam hak mereka atas identitas gender pilihan mereka, dan kebebasan berekspresi gender."

Ahmed Hussen, Menteri Imigrasi, Pengungsi dan Kewarganegaraan Kanada, menambahkan semua orang Kanada harus merasa aman untuk menjadi diri mereka sendiri, hidup sesuai dengan identitas gender mereka dan mengungkapkan gender mereka sesuai pilihan mereka.

"Dengan memperkenalkan penamaan gender 'X' dalam dokumen yang dikeluarkan oleh pemerintah, kami mengambil langkah penting untuk meningkatkan persamaan bagi semua orang Kanada tanpa memandang identitas gender atau ekspresi." tambahnya.

IRCC adalah departemen pemerintah Kanada yang pertama yang memperkenalkan langkah-langkah gender ketiga, namun merupakan bagian dari dorongan pemerintah untuk melindungi kebebasan ekspresi gender di Kanada.

Langkah tersebut menyusul Bill C-16 yang disahkan pada bulan Juni yang mengubah Undang-Undang Hak Asasi Manusia Kanada yang menambahkan perlindungan non-diskriminasi atas dasar ekspresi gender.

Langkah selanjutnya akan diambil dalam beberapa bulan mendatang untuk lebih mencerminkan identitas gender di tempat lain di Kanada.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});