Kang Emil Soal Sunda Empire: Banyak Orang Stres di Republik ini
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (foto: Pinter Politik)

Kang Emil Soal Sunda Empire: Banyak Orang Stres di Republik ini

Rabu, 22 Jan 2020 | 09:37 | Amalia Purnama Sari

Winnetnews.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan bahwa kepolisian saat ini tengah menyelidiki keberadaan Sunda Empire-Earth Empire (SE-EE) yang tengah booming di kalangan masyarakat. Kata Ridwan, munculnya gerakan ini menunjukkan banyak orang stres belakangan ini.

“Ya ini sedang diteliti oleh Polda. Sebelum ini memunculkan kerasahan banyak orang. Polisi sedang meneliti apakah ada aspek pidana atau tidak,” kata Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, dilansir dari CNN Indonesia, Jumat (17/01).

Kang Emil secara terang-terangan mengaku bahwa dirinya ironis dengan adanya kelompok yang mengklaim telah menciptakan tatanan baru bernegara. Padahal, sejarah bangsa seharusnya menjadi pelajaran yang dipetik untuk menghadapi persoalan ke depan.

image0
Gerakan Sunda Empire yang tengah viral (foto: Liputan6)

“Ini banyak orang stres di republik ini, menciptakan ilusi-ilusi yang sering kali jadi romantisme-romantisme sejarah ini. Dan ternyata banyak juga orang yang percaya akan adanya gerakan-gerakan seperti ini,” lanjutnya.

Untuk itu, Kang Emil mengimbau masyarakat untuk bisa lebih teliti dalam mencerna informasi. “Warga sebaiknya fokus untuk bisa menggunakan rasio dalam kehidupan. Gunakan aturan perundang-undangan yang jelas dan jangan masuk ke dalam logika-logika tidak jelas,” paparnya.

Sebelumnya, kelompok Sunda Empire menjadi perbincangan netizen di media sosial. Gerakan ini muncul setelah kasus Keraton Agung Sejagat. Munculnya Sunda Empire ini berasal dari unggahan akun Facebook Yuni Rusmini pada Kamis (16/01) kemarin.

Ia menunjukkan kegiatan Sunda Empire yang didasarkan pada postingan akun Renny Khairani Miller pada 9 Juli 2019 lalu. Hanya saja, unggahan yang dimaksud dalam Renny Khairani Miller sudah lenyap.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...