Kang Yoto Bisa Jadi Penyejuk Pilgub DKI

Kang Yoto Bisa Jadi Penyejuk Pilgub DKI

Senin, 28 Mar 2016 | 14:35 | Rusmanto
WinNetNews.com - Ketua MPP PAN yang kini menjabat Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) Soetrisno Bachir menilai Bupati Bojonegoro Suyoto punya kemampuan memimpin DKI Jakarta. Mas Tris menilai Kang Yoto sudah teruji melewati sulitnya Pilkada Bojonegoro dan membangun daerah tersebut hampir dua periode.

"Suyoto itu kan sudah teruji ya baik dari pertama pencalonannya waktu itu dari 3 persen sampai akhirnya mengalahkan incumbent . Dia berhasil meyakinkan masyarakat dan dia akhirnya diberikan amanah sama masyarakat," kata Mas Tris dalam perbincangan dengan detikcom, Senin (28/3/2016).

Bagi Mas Tris, Kang Yoto bisa jadi calon alternatif karena berasal dari 'tengah-tengah'. "Karena Jakarta itu menjelang pilkada kok terjadi pengelompokan, jadi salah satu dianggap konglomerat kemudian ada masalah SARA, kemudian ada yang suasananya begitu fundamentalis tidak setuju dengan kelompok yang tadi," kata Mas Tris.

"Maka Jakarta butuh figur yang mengetengahkan persatuan, kesejukan, perdamaian dan yang punya track record sudah pernah memimpin daerah seperti Suyoto. Dia adalah figur yang mewakili aspirasi tengah tadi yang nggak mau ke mana-mana karena dua-duanya mengandung potensi konflik yang itu menjurus ke SARA. Ini tidak akan bagus untuk perkembangan demokrasi dan untuk NKRI," katanya.

Jika Kang Yoto maju Pilgub DKI, Mas Tris yakin akan mampu bicara banyak. "Kebetulan warga Jakarta itu kan 36% orang Jawa. Nah itu mungkin akan bisa menjadi calon alternatif yang akan menyejukkan situasi pilkada DKI yang memanas ini," imbuh Mas Tris.

Soal pengalaman memimpin daerah, Mas Tris tak meragukan kapasitas Kang Yoto. Bahkan jika dibandingkan dengan Gubernur DKI saat ini, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

"Saya kira seorang Ahok pun itu hanya dari Belitung yang jauh lebih kecil dibandingkan Bojonegoro. Sekarang Bojonegoro ada Exxon dll dan masalah sosial yang timbul itu bisa diatasi. Nilai-nilai kemanusiaan dia sangat bisa mengatasi. Di Jakarta masalah human, masalah kemanusiaan itu sangat dominan dalam penyelesaian masalah di Jakarta," pungkasnya.

disadur dari situs detik news

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...