Kanker Bisa Membuat Berat Badan Turun Secara Signifikan
ilustrasi

Kanker Bisa Membuat Berat Badan Turun Secara Signifikan

Rabu, 11 Des 2019 | 19:53 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Berat badan seseorang bisa mengalami penurunan karena diet atau sering mengalami defisit kalori. Kondisi ini wajar karena banyak orang sengaja melakukannya karena ingin membuang kadar lemak di dalam tubuhnya. Selain disengaja, penurunan berat badan juga dipicu oleh kondisi sakit pada tubuh.

Penurunan Berat Badan Karena Kanker

Salah satu jenis sakit atau gangguan pada tubuh yang menyebabkan penurunan berat badan adalah kanker.  Bahkan penyakit ini bisa menyebabkan penurunan berat badan yang abnormal, berikut ulasan selengkapnya.

Bagi beberapa orang, penurunan berat badan yang abnormal bisa menjadi tanda dari kanker. Kondisi ini bisa muncul dengan cepat dan terlihat dengan jelas saat seseorang menimbang dan mengukur lingkar tubuh.

Menurut American Society of Clinical Oncology, sekitar 40 persen orang yang didiagnosis dengan kanker dan masih stadium awal akan mengalami penurunan berat badan yang cukup signifikan dan bisa dilihat tanpa perlu ditimbang.

Selanjutnya seseorang yang mengalami kanker stadium lanjut akan mengalami penurunan berat badan dan juga massa otot cukup signifikan. Bahkan, menurut American Society of Clinical Oncology, sekitar 80 persen penderita kanker mengalaminya.

Dari fakta ini kita bisa membuat sedikit kesimpulan kalau kanker bisa menyebabkan penurunan berat badan yang abnormal oleh karena itu kita disarankan untuk mau memeriksakan diri kalau merasa penurunan berat badannya tidak bisa dikontrol dan terus-menerus.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...