Kanker prostat lebih banyak diderita pria kaukasia

Kanker prostat lebih banyak diderita pria kaukasia

Rabu, 14 Sep 2016 | 16:55 | Rike

WinNetNews.com-Kanker prostat menjadi masalah kesehatan yang dihadapi banyak kaum pria di dunia. Penyakit yang timbulnya dari pembesaran di kelenjar prostat tersebut bisa membuat pria jadi hilang rasa percaya diri, malahan dalam kasus yang terparah dapat mengakibatkan kematian.

Namun ternyata penyakit kanker prostat lebih banyak dialami pria kulit putih dari ras Kaukasia dibandingkan pria ras Asia. Fakta ini diungkap oleh dokter spesialis urologi RS Premier Bintaro, Gideon Tampubolon. Menurut Gideon, dibanding Indonesia, Filipina atau negara Asia lainnya, pria kulit putih lebih banyak menderita penyakit kanker prostat.“Pada orang Kaukasia, angka kejadian kanker prostat tinggi. Orang-orang Afrika juga tinggi dibanding pria dari Jepang, Indonesia, Filipina dan negara-negara Asia,” terangnya.

Faktor penyebab hadirnya penyakit ini menurut Gideon yakni faktor genetik dan diet sehari-hari. Pria Kaukasia lebih banyak miliki gen kanker prostat ketimbang pria Asia, tambahnya lagi. Diet makanan sehari-hari yang dikonsumsi pria kulit putih dan juga sebagian besar pria Afrika banyak mengandung protein hewani tinggi. Sementara pria Asia hanya sedikit makan daging tapi banyak mengonsumsi sumber protein nabati.

Penderita kanker jenis ini di belahan bumi bagian barat umumnya mulai dari mereka yang berusia 40-an tahun, sementara di Asia kebanyakan mulai usia 50-an.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...