Kapal Tongkang Batubara Terdampar di Cilacap

Rani
Rani

Kapal Tongkang Batubara Terdampar di Cilacap

WinNetNews.com - Satu unit tongkang bermuatan 10.000 ton batu bara kandas di Pantai Tegalkamulyan, Cilacap, Jawa Tengah, akibat terhempas gelombang tinggi.

Seorang nelayan menyebutkan, tongkang tersebut diperkirakan kandas pada Senin (1/8) dini hari. Posisi tongkang ketika itu sudah terlihat kandas, meskipun masih berada agak di tengah. Namun, pada Selasa (2/8) pagi hari, posisi tongkang tersebut telah pindah ke tepi dan mendekati daratan.

Diperkirakan angin yang berhembus sangat kencang, sehingga menjadi penyebab tongkang tersebut terdorong ke tepi. Posisi tongkang Pulau Tiga 338 itu terlihat miring.

Sementara itu, kapal tug boat yang menarik tongkang dari Pulau Kalimantan itu yakni Boma Satria berupaya mengevakuasi tongkang cara menarik ke tengah.

Karena angin cukup kencang dan sesekali terjadi gelombang tinggi, tug boat itu kesulitan menarik tongkang ke tengah laut.

 

Tongkang tersebut membawa 10.000 ton batu bara untuk keperluan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Unit 2 Jawa Tengah atau yang dikenal dengan sebutan PLTU Bunton karena berlokasi di Desa Bunton, Kecamatan Adipala, Cilacap.

Saat menunggu giliran bongkar muatan, tali jangkar tongkang itu putus hingga akhirnya kandas dihempas gelombang tinggi.

"Tongkang tersebut bermuatan 10.000 ton batubara untuk PLTU Bunton," kata salah seorang petugas yang sedang memantau proses evakuasi, Yitno.

Selain menggunakan tug boat penariknya, upaya evakuasi tongkang tersebut juga akan melibatkan satu tug boat lainnya.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});