Kapal Turis Terbakar di Perairan Australia

Kapal Turis Terbakar di Perairan Australia

WinNetNews.com - Lebih dari 40 turis nekat melompat dari kapal mereka yang terbakar di perairan Australia. Sebagian besar dari mereka merupakan warga lanjut usia asal China.

Kapal wisata Spirit of 1770 mengalami masalah pada Rabu, 11 Mei usai melakukan tur sehari ke Pulau Lady Musgrave di kawasan Great Barrier Reef . Saat itu, api tiba-tiba berkobar di ruang mesin kapal.

Menurut surat kabar lokal, Gladstone Observer');">Gladstone Observer seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (12/5/2016), 42 penumpang dan empat kru meninggalkan kapal itu dan loncat ke air, sebelum berenang mendekati sekoci-sekoci yang telah lebih dulu dilemparkan. Di atas sekoci-sekoci itu, para turis tersebut terapung-apung di lautan selama beberapa jam. Hingga akhirnya tiga kapal penyelamat tiba dan mengangkut mereka ke pantai.

"Dari 46 orang di kapal itu, 19 orang mendapat perawatan di rumah sakit di Bundaberg dan Gladstone karena luka-luka yang tidak membahayakan jiwa," demikian disampaikan kepolisian Queensland dalam sebuah statemen.

"Kapal itu terbakar pada sekitar pukul 16.00 (Rabu) dan kemudian ditinggalkan pada sekitar pukul 16.30, hingga mendorong operasi pencarian dan penyelamatan," imbuh kepolisian.

"Penyelidikan atas insiden ini masih berlangsung," demikian disampaikan.

Menurut Gladstone Observer, kebanyakan turis adalah warga China berusia lanjut, yang lainnya berasal dari Kanada, Selandia Baru dan Inggris.

Pulau Lady Musgrave Island, sebuah pulau karang yang merupakan destinasi wisata populer, berjarak sekitar 500 kilometer sebelah utara Brisbane, dan hanya bisa dijangkau dengan kapal.