Kapan Boleh Konsumsi Antibiotik untuk Atasi Radang Tenggorokan?
ilustrasi

Kapan Boleh Konsumsi Antibiotik untuk Atasi Radang Tenggorokan?

Sabtu, 17 Okt 2020 | 09:58 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Radang tenggorokan mungkin tidak terlalu membahayakan, tapi dapat menimbulkan rasa tidak nyaman yang mengganggu, terutama terasa sakit saat menelan dan berbicara. Untuk itu, Anda perlu segera mengobatinya. Antibiotik untuk radang tenggorokan bisa efektif menyembuhkan, tapi tidak semua kondisi radang tenggorokan dapat disembuhkan dengan antibiotik.

Perlu Anda ketahui bahwa ada banyak penyebab radang tenggorokan, di antaranya adalah virus dan bakteri. Penggunaan obat antibiotik tergantung dari apa penyebab radang tenggorokan tersebut.

Kapan perlu menggunakan antibiotik untuk radang tenggorokan?

Radang tenggorokan atau faringitis memang paling sering disebabkan oleh infeksi virus, seperti pada penyakit pilek atau flu. Radang tenggorokan karena virus dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu kurang dari seminggu. 

Namun, peradangan pada tenggorokan juga bisa disebabkan oleh infeksi bakteri, yakni Streptococcus grup A. Jika spesifik disebabkan bakteri tersebut, penyakit ini disebut juga dengan strep throat.

Umumnya, radang tenggorokan karena bakteri ini terjadi pada anak-anak usia 5-15 tahun, tapi orang di segala usia juga bisa mengalaminya.

Menurut studi dalam Journal Laboratory of Physicians, infeksi bakteri Sreptococcus di tenggorokan bisa lebih serius dibandingkan virus penyebab pilek jika tidak kunjung sembuh.

Pasalnya, infeksi bakteri ini bisa menimbulkan masalah di sekitar tenggorokan seperti radang amandel (tonsilitis) atau sinusitis. Selaim itu, infeksi juga bisa menyebar ke jaringan lain dan menyebabkan demam rematik atau peradangan pada ginjal, meskipun komplikasi ini jarang terjadi.

Untuk mengobati radang tenggorokan yang disebabkan bakteri, diperlukan obat antibiotik yang diresepkan oleh dokter. Antibiotik selanjutnya perlu dikonsumsi sampai habis dalam rentang waktu yang ditentukan dokter.

Antibiotik tidak ampuh untuk mengobati radang tenggorokan yang disebabkan oleh virus. 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...