Kapan Sebaiknya Periksa Mamografi Boleh Dilaksanakan?
ilustrasi

Kapan Sebaiknya Periksa Mamografi Boleh Dilaksanakan?

Minggu, 29 Mar 2020 | 13:37 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Mamografi merupakan salah satu cara guna mendeteksi dini kanker payudara. Meski pemeriksaan mamografi tidak bersifat mencegah, tetapi berguna menyelamatkan seseorang dari kondisi kanker payudara yang telanjur parah. Namun, kapan sebenarnya periksa mamografi mulai dilakukan? Kemudian, kapan bisa berhenti periksa mamografi? Berikut penjelasannya.

Waktu yang tepat untuk periksa mamografi

Mendeteksi kanker payudara melalui mamografi dilakukan dengan mengambil gambar X-ray masing-masing payudara melalui alat khusus. Dari pemeriksaan mamografi tersebut, dapat terlihat bila ada jaringan dalam payudara yang abnormal.

Meski ditemukan hal yang tidak normal pada payudara, belum tentu hal itu merupakan kanker. Biasanya dokter merekomendasikan untuk melakukan pemeriksaan lanjut untuk memastikan hal tersebut.

Metode pemeriksaan ini guna mendeteksi adanya sel kanker di payudara sedini mungkin. Lebih cepat sel kanker payudara ditemukan, lebih cepat pula penanganan dan pengobatan kanker payudara. Oleh karena itu, periksa mamografi pun baik bila rutin dilakukan.

American Cancer Society menganjurkan, sebaiknya pemeriksaan dini kanker payudara melalui mamografi dilakukan mulai usia 40 – 44 tahun. Pada usia inilah mamografi dapat mendeteksi bila ada payudara yang tidak normal pada seorang wanita.

Pada wanita usia 45 – 54 tahun, disarankan mulai melakukan pemeriksaan mamografi secara rutin. Paling tidak, lakukan pemeriksaan tersebut sekali dalam setahun. Baru pada wanita usia 55 tahun ke atas, pemeriksaan mamografi boleh dilakukan 2 tahun sekali. Namun, bagi yang mau melanjutkan pemeriksaan setahun sekali diperbolehkan.

Mendeteksi dini kanker payudara tetap dianjurkan meski seorang wanita terlihat tampak sehat dan ingin terus sehat hingga seterusnya. Sebab, periksa mamografi bisa mendeteksi tanda awal kanker payudara meski seorang wanita belum merasakan gejala apapun.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...