Kapan Sih Waktu Yang Paling Tepat untuk Aerobik?

Kapan Sih Waktu Yang Paling Tepat untuk Aerobik?

WinNetNews.com-Aerobik adalah jenis olahraga bertempo tinggi. Olahraga ini banyak digemari sebab bisa membakar lemak dengan cepat. Tetapi untuk dapatkan hasil maksimal, Anda perlu melakukannya secara konsisten.

Ahli kesehatan olahraga dari American Council on Exercise, Jessica Matthews menerangkan bila pemilihan waktu guna melakukan olahraga pun berpengaruh di hasil yang didapatkan. Sejumlah orang memilih berlatih di pagi hari, tapi banyak yang nyaman melakukannya di siang atau sore hari. Jadi kapankan waktu tepat untuk membakar lemak dengan olahraga aerobik? Dari hasil beberapa penelitian mengatakan jika sore hari, sekitar pukul 4-5 sore menjadi waktu tepat berolahraga.Pada waktu tersebut, suhu tubuh tubuh manusia sedang berada di tingkat tertinggi. Anda bakal cepat panas dan bisa dapatkan kekuatan yang maksimal.

Menurut Ade Rai, atlit binaraga asal Indonesia dalam buku Membakar Lemak Tanpa Lapar Tanpa Lemas menyebutkan, bila Anda melakukan olahraga di sore hari, baiknya lakukan aerobik usai berlatih angkat beban. Sebab angkat beban tingkatkan metabolisme sehingga pembakaran lemak lewat aerobik menjadi lebih maksimal. Bila tak sempat latihan di sore hari, lakukanlah di pagi hari atau ketika kadar gula darah dalam tubuh sementara rendah. Pada pagi hari, sebelum sarapan, kadar gula darah tubuh sedang rendah, itulah kenapa kita selalu dianjurkan melakukan aktivitas fisik di pagi hari.

Sementara dari hasil studi Mollen Clinic, Arizona, AS, 75% pasien klinik yang melakukan latihan di pagi hari. dan mereka dapatkan kebugaran yang lebih tinggi daripada mereka yang berlatih di sore hari. Memulai hari dengan pembakaran kalori yang tinggi, dapat mendatangkan energi maksimal dari metabolisme yang berjalan baik jadinya dapat melakukan aktivitas hingga sore hari.

Sumber:readerdigest.co.id

Foto: http://www.drcolinwilson.com