Kapankah Menstruasi Akan Kembali Normal Usai Kuret?
ilustrasi

Kapankah Menstruasi Akan Kembali Normal Usai Kuret?

Selasa, 12 Jan 2021 | 09:30 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Anda mungkin merasa khawatir dan bertanya-tanya kapan Anda menstruasi kembali setelah kuret. Siklus menstruasi setelah kuret mungkin tidak akan tepat waktu. Untuk itu, Anda harus tahu kapan menstruasi akan terjadi. Terlebih, menstruasi menandakan bahwa secara fisik tubuh Anda sudah normal kembali. Jadi, kapan terjadi menstruasi setelah kuret? Simak ulasannya berikut ini.

Kapan menstruasi akan kembali terjadi setelah kuret?

Setiap wanita yang mengalami kuret memerlukan waktu yang berbeda untuk menstruasi kembali. Diperkirakan menstruasi bisa terjadi lagi setelah 4 sampai 11 minggu lebih, bergantung pada kondisi tubuh. Ada beberapa hal yang memengaruhi kembalinya siklus menstruasi setelah keguguran, yaitu:

Tingkat hCG

Menstruasi dapat terjadi kembali bila kacar hCG di dalam tubuh mencapai nol. HCG (Hormon Chrorionic Gonadotropin) adalah hormon alami yang berfungsi meningkatkan fertilitas (kesuburan) dan mengatasi masalah yang berkaitan dengan hormon seks, termasuk menstruasi.

Usia kandungan

Kapan terjadinya menstruasi juga bergantung pada usia kandungan. Bila keguguran terjadi saat fase awal, menstruasi bisa terjadi kembali sekitar 4 minggu. Namun, bila usia kandungan memasuki fase trimester kedua, diperlukan waktu 8 sampai 12 minggu untuk menstruasi kembali.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...