Kapolda Metro: Pelaku Teror di Thamrin Kelompok ISIS

Kapolda Metro: Pelaku Teror di Thamrin Kelompok ISIS

Kamis, 14 Jan 2016 | 18:41 | Yudha Raditya
WinNetNews.com - Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya Inspektur Jenderal Tito Karnavian memastikan bahwa pelaku teroris di gedung Cakrawala dan Jalan Thamrin Jakarta Pusat berhubungan dengan kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) yang berpusat di Raqqa.

"Jaringan pelaku berhubungan dengan ISIS yang berpusat di Raqqa," kata Tito dalam jumpa pers di Istana Negara, Jakarta, Kamis (14/1/2016).

Di bawah Abu Bakr Al-Bagdhadi, ISIS mengubah strategi. Menurut Tito, mereka tak lagi menyerang di kawasan Suriah dan Irak, melainkan mulai melebar ke seluruh dunia. ISIS, kata Irjen Tito, membuka cabang di seluruh dunia untuk melancarkan operasinya, seperti di Prancis, Turki dan Asia Tenggara.

Di Asia Tenggara saat ini tengah terjadi persaingan untuk merebutkan kursi pimpinan tertinggi ISIS. Salah satunya melibatkan kelompok Bahrum Naim. Pelaku teror di Jakarta hari ini merupakan kelompok Bahrum Naim.

Serangan teroris terjadi di gedung Cakrawala dan Jalan Thamrin, Jakarta Pusat. Polisi berhasil melumpuhkan lima orang yang diduga sebagai pelaku setelah baku tebak sektar 15 sampai 20 menit.

Lima pelaku tewas dalam baku tembak tersebut. Sementara dua warga masyarakat menjadi korban meninggal dunia dalam aksi serangan teroris tersebut.

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...