(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Kapolri: Pengejaran Kelompok Santoso Mei Mudah-mudahan Selesai

Rusmanto
Rusmanto

Kapolri: Pengejaran Kelompok Santoso Mei Mudah-mudahan Selesai
WinNetNews.com - Satu per satu anggota kelompok Mujahidin Indonesia Timur pimpinan Santoso alias Abu Wardah tertangkap. Pada Jumat siang pekan lalu, 2 anggota mereka tertangkap saat turun gunung untuk mencari makan di Kampung Baru Desa Padalembara Kecamatan Poso Pesisir Selatan, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah.

Malam harinya terjadi kontak senjata antara Tim Satuan Tugas Tinombala gabungan Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian RI dengan kelompok Santoso. Kepala Kepolisian RI Jenderal Badrodin Haiti mengatakan ada kelompok Santoso yang tertembak dalam adu tembak tersebut.

Namun setelah dilakukan pengejaran tak ditemukan adanya korban. "Sekarang masih dilakukan pengejaran," kata Badrodin kepada wartawan di Hotel Aryaduta, Jalan Sumatera, Bandung, Jawa Barat, Senin (18/4/2016).

Menurut Badrodin saat ini operasi Satgas Tinombala terus diefektifkan. Ditargetkan operasi pemburuan kelompok Santoso bisa selesai Mei bulan depan. "Kami efektifkan sampai bulan Mei, mudah-mudahan bisa selesai," harapnya.

Tim Satgas Tinombala saat ini terus mengepung hutan yang diduga menjadi tempat persembunyian kelompok Santoso. Akibatnya kelompok Santoso kesulitan mendapatkan suplai bahan makanan. Mereka pun terpaksa turun gunung untuk mencari makan.

"Jumat lalu kami tangkap ada 2 (pengikut Santoso), kebetulan turun ke perkampungan untuk minta makan. Kemudian bisa kita deteksi dan lakukan penangkapan," papar Badrodin.

Kelompok Santoso, kata Badrodin, saat ini terbagi dalam tiga sampai empat kelompok. Ini merupakan strategi mereka agar bila ada satu yang tertangkap, tak semua kena. "Santoso pecah jadi 3 atau 4 itu kan taktik mereka supaya kalau kena kan tidak semua selesai. Strategi mereka seperti itu," kata mantan Kapolda Sulawesi Tengah itu.

disadur dari situs detik news

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});