Kapolri: Pengunggah Video Pungli Tidak Dipidanakan
Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian/Foto: Zool WNN

Kapolri: Pengunggah Video Pungli Tidak Dipidanakan

Sabtu, 19 Agt 2017 | 23:03 | Zulkarnain Harahap

WinNetNews.com – Jaminan perlindungan terlontar dari Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian terhadap yang merekam video aksi oknum anggota Polri yang diduga melakukan pungutan liar (pungli) di Kalimantan Selatan. Ia juga menegaskan warga yang diketahui berprofesi sebagai sopir itu tak akan dipidanakan karena rekaman videonya, jika aksi pungli yang dilakukan oknum aparat kepolisian itu benar adanya.

"Kalau peristiwa (pungli) itu benar maka pengunggah tidak dipidanakan, justu dikasih reward (penghargaan) karena melaporkan anggota Polri yang mengkhianati institusinya," kata Tito di Jakarta, Sabtu (19/08/2017).

Kapolri pun memerintahkan Kapolda Kalimantan Selatan Brigjen Pol. Rachmat Mulyana untuk memberikan penghargaan kepada warga yang mengunggah video oknum polisi yang diduga terlibat praktik pungli. Akan tetapi, apabila ke depannya diketahui video tersebut tidak sesuai dugaan serta tak menunjukkan fakta adanya praktik pungli oleh anggotanya, maka warga tersebut bisa dijerat Undang-undang Informasi Transaksi Elektronik (ITE).

Lebih jauh, Tito pun menginstruksikan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Div Propam) Polri dan Kapolda menurunkan tim guna menindaklanjuti laporan pungli tersebut.

"Tindakan suap akan memberikan konsekuensi hukum terhadap penerima maupun pemberinya. Tapi jika itu terjadi sesuai fakta, maka oknum anggota Polri yang akan diproses hukum," tandasnya. 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...