(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Karena Masalah Jantung, Pesawat Ini Kembali ke Bandara Awal

Rusmanto
Rusmanto

Karena Masalah Jantung, Pesawat Ini Kembali ke Bandara Awal ilustrasi

WinNetNews.com - Sebuah pesawat penumpang AS yang sedang menempuh penerbangan dari Seattle ke Dallas dipaksa untuk kembali mendarat karena ditemukan jantung manusia di pesawat itu.

Southwest Airlines mengatakan organ itu awalnya diangkut dalam penerbangan dari California ke Seattle untuk diproses di sebuah rumah sakit yang akan memulihkan katupnya agar bisa digunakan dalam operasi cangkok jantung.

Tapi organ itu ternyata tidak sempat diturunkan, dan pesawat pun melanjutkan penerbangan ke Dallas. Celakanya, rumah sakit baru menyadari hal itu setelah pesawat itu hampir mencapai setengah perjalanan ke Dallas.

Insiden itu sebetulnya terjadi pada hari Minggu, namun baru terungkap dalam laporan media pada hari Kamis.

Para penumpang sudah barang tentu terkejut ketika kapten memberi tahu mereka tentang kargo itu dan mengapa penerbangan kembali.

Sebagian segera menggunakan ponsel pintar mereka untuk mencari tahu berapa lama jantung dapat disimpan sebelum tidak lagi layak untuk operasi transplantasi - yang biasanya antara empat hingga enam jam, menurut para ahli.

Pesawat itu dilaporkan berada di udara selama sekitar tiga jam.

Seorang dokter yang berada di antara penumpang tetapi tidak ada sangkut pautnya dengan pengiriman organ itu, mengatakan kepada surat kabar Seattle Times bahwa insiden itu adalah "kisah mengerikan tentang kelalaian luar biasa".

Jantung itu belum masuk daftar untuk diberikan pada pasien tertentu.

Setelah pesawat kembali ke Seattle, jantung itu langsung dibawa ke pusat penanganan donor untuk penyimpanan jaringan.

Disebutkan, jantung itu tiba dalam rentang waktu yang diperlukan, hingga masih akan bisa digunakan, tulis surat kabar itu.

 

 

 

Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul "Jantung Manusia Tertinggal, Southwest Airlines Harus Kembali ke Bandara"

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});