Karhutla Tak Kunjung Usai, Malaysia Tawarkan Bantuan ke Indonesia

Amalia Purnama Sari
Amalia Purnama Sari

Karhutla Tak Kunjung Usai, Malaysia Tawarkan Bantuan ke Indonesia Sumber: Pantau.id

Winnetnews.com - Menteri Energi, Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Lingkungan, dan Perubahan Iklim (Menstecc) Malaysia, Yeo Bee Yin, berencana memberi bantuan kepada Indonesia untuk memadamkan kebakaran hutan.

"Wakil Menteri Mestecc, pejabat, pejabat Kementerian Luar Negeri dan saya bertemu dengan Menteri Penasihat Agus Badrul Jamal, dan Penasihat Urusan Informasi, Sosial dan Budaya dari Kedutaan Besar Indonesia," ujar Yeo, seperti dikutip dari Warta Ekonomi dari New Strait Times, Kamis (12/09).

“Kami menerima informasi dari Kementerian Luar Negeri bahwa duta besar Malaysia untuk Indonesia Zainal Abidin Bakar, telah mengadakan meeting dengan para pejabat senior di Indonesia untuk membahas perihal kebakaran hutan yang terjadi di Sumatra dan Kalimantan,” kata Yeo, dilansir dari Okezone.com, pada Kamis (12/09).

Dalam pertemuan tersebut, Yeo menjelaskan jika pemerintah Indonesia telah menyampaikan komitmen untuk menghentikan kebakaran hutan dengan mengirimkan 2.900 personel dan 1.677 sukarelawan untuk memadamkan kobaran api.

Yeo juga menyampaikan jika pemerintah Indonesia telah mengerahkan sebanyak 16 helikopter untuk melakukan pengeboman air di tempat-tempat strategis di Kalimantan.

“Pemerintah Malaysia akan terus melakukan penyemaian awan setiap kali situasinya memungkinkan dan mengirim bantuan ke Indonesia jika dan ketika mereka menerima tawaran itu,” tandasnya.

Apa Reaksi Kamu?