Kartu Grafis iGame GTX 1080 Ti Kini Diubah dengan Colorful iGame GTX1080 Ti Kudan

Ahmad Mashudin
Ahmad Mashudin

Kartu Grafis iGame GTX 1080 Ti Kini Diubah dengan Colorful iGame GTX1080 Ti Kudan

WinNetNews.com - Kehebatan kartu grafis Nvidia Geforce GTX 1080 Ti yang tak diragukan lagi membuat Colorful kembali menghadirkan kartu grafis versi overclock iGame berbasis GTX 1080 Ti terbarunya yang dilengkapi dengan desain PCB khusus dan pendingin hibrida yang menempati tiga slot ekspansi. Mengejar performa ekstrimnya, iGame secara resmi memulai debut nama internasional untuk seluruh seri GPU yang diusungnya, maka generasi ke 8 “Jiu Duan” diubah menjadi “Kudan” sehingga kini dikenal sebagai iGame GTX1080Ti Kudan.

Memiliki base clock 1.657MHz dan boost clock 1.784MHz dengan memori GDDR5X 11GB yang berjalan pada kecepatan memori yang tersedia, Colorful iGame 1080 Ti KUDAN ini telah dibekali oleh dua konektor 8-pin untuk pengiriman daya dan konektivitas display yang tampak bertumpu pada keberadaan sebuah DVI-D, tiga header DisplayPort, serta sebuah output display HDMI tunggal. Sedangkan salah satu fitur yang membedakannya dengan kartu grafis overclock berpendingin cair lainnya, adalah terletak pada dukungan Waterpout Cooler II terbaru yang juga digunakan pada kartu grafis Colorful iGame 1080 Ti Neptunus yang baru saja diumumkan.

Menyinggung perihal heatsink tiga slot yang ada, pendingin hibrida ini berfungsi ganda seperti halnya heatsink berpendingin udara, blok air berpendingin cairan, atau kombinasi keduanya. Pelat tembaga dingin yang terpasang pada core GPU, saat digunakan sebagai heatsink berpendingin udara, memindahkan energi panas ke pipa panas tembaga yang pada gilirannya, menghilangkan panas melalui sirip aluminium yang didinginkan oleh tiga kipas yang terpasang pada shroud.

Bila digunakan bersamaan dengan radiator yang diisi cairan yang dilepas, pelat tembaga dingin berfungsi sebagai blok air yang memungkinkan pendingin dari radiator mengalir melalui blok untuk membawa temperatur GPU turun lebih jauh lagi.

Di sinilah segala sesuatunya menjadi sangat menarik. Colorful menggunakan penggunaan alat kelengkapan yang mudah diputus pada unit pompa radiator, yang memungkinkan untuk memilih antara pendingin cair atau udara. Pihak Colorful sendiri telah merekomendasikan untuk menyalakan sistem yang ada kapan pun terhubung atau melepaskan tabung pendingin.

Berkat fungsi overclocking “one-key” (melalui sakelar BIOS di panel I/O tepat di atas header DisplayPort yang paling atas), ketika beralih ke posisi “on” dapat mengaktifkan kinerja mode. Heatsink pada kartu grafis ini juga dilengkapi layar LCD Monitor Status iGame yang menampilkan frekuensi inti real time, temperatur core, kecepatan kipas, dan penggunaan memori. Semua ini dapat disesuaikan tampilannya melalui perangkat lunak iGame-Zone II yang juga disertakan.

Apa Reaksi Kamu?