Kartu Jakarta Pintar Bisa Untuk Kuliah

Kartu Jakarta Pintar Bisa Untuk Kuliah

Jumat, 29 Jan 2016 | 14:41 | Muhammad Takdir
WinNetNews.com - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama berencana memberikan Kartu Jakarta Pintar (KJP) bagi anak yang meneruskan kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Selama ini KJP hanya diberikan dari tingkat SD hingga SMA. Keinginannya untuk memberi KJP bagi anak yang meneruskan kuliah, tak lepas dari mahalnya biaya kuliah saat ini.

"Jadi banyak kita temui teman-teman yang tidak semangat sekolah karena dia yakin bapak ibunya enggak bisa membiayai. Kuliah mahal, itu yang membuat mereka berpikir untuk bantu kerja bapak ibunya saja," ujar Ahok, sapaan Basuki, di Kebon Pala, Makasar, Jakarta Timur, Kamis (28/1).

Ia pun ingin anak sekolah yang telah memiliki KJP mengikuti tes PTN. Nantinya, kata Ahok, mereka akan diberikan jatah sekitar Rp 1,5 juta per bulan. "Saya rasa segitu (Rp 1,5 juta) cukup ya. Mereka bisa kuliah di PTN yang ada di Jawa, di mana pun. Kalau KJP ini kita terusin, semangatnya tidak akan padam hanya karena ketidakpastian biaya," tuturnya.

Mantan Bupati Belitung Timur ini menyebutkan, minimnya jumlah sarjana di Indonesia. Menurutnya, rugi jika pemerintah tak bisa memanfaatkan pertumbuhan penduduk yang besar namun tidak terdidik.

"Kita ingin begitu masuk persaingan pasar bebas di Asia, jumlah sarjana di Indonesia ini meningkat. Rugi dong pertumbuhan penduduknya besar, tapi tidak terdidik," tandasnya.

(seperti dilansir dari Berita Satu)

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...