Kasus Covid-19 di Indonesia Terus Melonjak, Epidemiolog Ungkap Penyebabnya
Foto: detikcom

Kasus Covid-19 di Indonesia Terus Melonjak, Epidemiolog Ungkap Penyebabnya

Rabu, 29 Jul 2020 | 16:06 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Ahli Epidemiologi Universitas Indonesia, Pandu Riono, mengatakan penyebab atau alasan utama kasus Covid-19 di Indonesia terus melonjak adalah karena berkurangnya kedisiplinan masyarakat dalam memakai masker. Ia mengatakan, padahal itu merupakan cara yang utama dalam mencegah penularan virus.

"Ya pakai masker. Sudah. Itu kuncinya," kata Pandu, Selasa (28/7).

Menurutnya mungkin masyarakat akan bosan dengan imbauan pemerintah untuk menaati protokol kesehatan. Namun, hingga saat ini tak ada cara lain yang dapat dilakukan selain menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin.

Pandu menjelaskan, selain wajib menjaga jarak dan rajin mencuci tangan, Pandu menjelaskan masyarakat perlu untuk selalu memakai masker karena dapat membantu memutus penyebaran virus corona.

"Intinya pakai masker. Kalau masyarakatnya memakai masker, akan bisa berdampak kalau semuanya memakai masker," kata Pandu.

Peningkatan jumlah pasien positif Covid-19 di Indonesia seringkali disebutkan oleh pemerintah karena jumlah tes yang juga meningkat.  

Pandu pun tidak menyalahkan pernyataan tersebut. Ia membenarkan jika tracing atau pelacalam banyak artinya kemungkinan kasus positif ditemukan akan lebih besar. Meskipemerintah mengklaim telah melakukan peningkatan tracing, Pandu tetap meminta pemerintah untuk terus meningkatkan kapasitas tes.

"Jika tracing ditingkatkan, maka akan semakin banyak jumlah kasus positif Covid-19 yang ditemukan. Namun pemerintah harus tetap meningkatkan dan mempercepat tracing," ujarnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...