Kasus Covid-19 Meningkat, Kemenkes Imbau Masyarakat Tak Asal Lepas Masker di Luar Ruangan

Anggara Putera Utama

Dipublikasikan 6 hari yang lalu • Bacaan 1 Menit

Kasus Covid-19 Meningkat, Kemenkes Imbau Masyarakat Tak Asal Lepas Masker di Luar Ruangan
Ilustrasi masker

Winnetnews.com - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengingatkan masyarakat untuk tidak asal membuka masker di luar ruangan. Hal itu menanggapi kasus Covid-19 di Indonesia yang mengalami peningkatan dalam beberapa hari terakhir.

Meski ada kebijakan bebas masker, Juru bicara COVID-19 Kementerian Kesehatan RI dr Mohammad Syahril menyebut ada beberapa kondisi yang mengharuskan masyarkaat tetap mamaki masker di luar ruangan.

"Beberapa masyarakat menginterpretasikannya dengan melepas masker di ruang terbuka secara seenaknya, sedangkan terdapat beberapa poin yang harus diperhatikan untuk menggunakan masker ataupun melepaskan masker," jelas dr Syahril dalam diskusi daring, Kamis (16/6) lalu.

Menurutnya, masyarakat bisa menerapkan aturan bebas masker jika dalam kondisi tidak berkerumun. Namun, jika berada di kerumunan seperti saat menonton konser atau pertandingan olahraga, Syahril meminta masyarakat tetap memakai masker.

Ia berharap aturan pemakain masker dapat kembali disosialisasikan, terlebih di tengah munculnya subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 yang disebut menjadi salah satu penyebab lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia.

"Contohnya di sekolah tadi bagaimana kepala sekolah menyampaikan hal ini agar penyampaian kepada siswa itu baik, begitu pula di desa, di kantor dan sebagainya. Diperlukan komunikasi publik yang berulang-ulang edukasi dan komunikasi untuk menjaga hal ini," kata dr Syahril.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...