Kasus Covid-19 RI Menurun Jadi Bukti Vaksin Sinovac Tak Kalah dengan Pfizer
Vaksin Sinovac

Kasus Covid-19 RI Menurun Jadi Bukti Vaksin Sinovac Tak Kalah dengan Pfizer

Rabu, 13 Okt 2021 | 12:15 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Epidemiolog dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Pandu Riono mengatakan reproduksi virus corona di Indonesia terus menurun hingga 0,96. Angka itu berarti risiko penularan Covid-19 di masyarakat juga terus menurun.

"Dan angka kematian semuanya menurun, walaupun masih ada kematian tapi sudah menurun. RS yang sengaja dibangun temporer emergency sudah mulai ditutup, tidak ada lagi. Pandemi ini walaupun kita tidak 100 persen bisa menekan penularan, tapi kita bisa menekan hospitalisasi karena kasus COVID-19 berat dan tadi angka kematian," ungkap Pandu dalam webinar online Rabu (13/10).

Pandu menilai salah satu yang punya andil besar dalam penurunan kasus Covid-19 adalah vaksinasi. Ia mengatakan berkat vaksinasi angka kematian dan jumlah orang yang dirawat di RS bisa terus ditekan.

"Dan ini salah satu adalah akibat dari pada vaksinasi, dan vaksinasi di Indonesia menggunakan vaksinasi yang masih dianggap orang kurang efektif, padahal efektif, Sinovac efektif, nggak kalah sama pfizer mRNA kan," sebutnya.

"Jangan terlalu curiga, kalau nggak efektif akan banyak sekali kematian, itu Indonesia akan bisa mengendalikan pandemi," kata Pandu.

Meski begitu, ia mengingatkan bukan berarti lonjakan kasus tidak bisa terjadi. Pandu tetap mengimbau masyarakat membantu pemerintah melawan pandemi dengan disiplin prootkol kesehatan hingga tak ragu melakukan vaksinasi tanpa membeda-bedakan merek.

"Masyarakat juga harus mau ditesting, tidak menyembunyikan status, dari hasil skrining dengan PeduliLindungi masih ada cukup banyak status nya positif tapi masih berkeliaran di publik," sambungnya.
 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...