Kasus DBD Melonjak, Dinkes Depok Beri Zona Merah di Tiga Kecamatan
Foto: CNN Indonesia

Kasus DBD Melonjak, Dinkes Depok Beri Zona Merah di Tiga Kecamatan

Jumat, 13 Mar 2020 | 15:43 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com - Memasuki musim penularan demam berdarah dengue (DBD), Dinas Kesehatan Kota Depok mengukapkan ada tiga kecamatan yang saat ini masuk ke dalam zona merah penyebaran DBD. Kecamatan tersebut adalah Cimanggis, Pancoran Mas, dan Sawangan

Dilansir dari Tempo.co, Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Novarita menjelaskan pemetaan zona merah tersebut diharapkan agar masyarakat menjadi lebih waspada. mengatakan dengan adanya pemetaan zona merah tersebut diharapkan masyarakat dapat lebih waspada.

Menurutnya, salah satu upaya mencegah DBD adalah dengan selalu hidup bersih. “Yang terpenting menjaga lingkungan agar tetap sehat dan juga melakukan upaya pemberantasan sarang nyamuk,” kata Nova.

Sejak Januari Hingga Maret 2020, berdasarkan informasi yang diberikan Dinkes Depok, diketahui jumlah penderita DBD di Kota Depok telah mencapai 288 orang dan 3 di antaranya meninggal dunia.

Novarita juga menjelaskan, salah satu penyebab melonjaknya penderita DBD di Depok adalah karena memasuki musim penghujan.

Menurut laporan Kompas.com, berdasarkan situs resmi Dinas Kesehatan Kota Depok, tahun 2019 lalu merupakan periode dengan penderita DBD terbanyak selama 3 tahun terakhir, dengan tercatat sebanyak 2.200 pasien dan 2 korban jiwa.

Terakhir jumlah pasien DBD di Depok menembus angka ribuan orang adalah pada 2016 yakni sebanyak 2.834 pasien. Sedangkan pada tahun 2017 jumlahnya merosok ke 535 pasien, hingga tahun 2018 meningkat kembali dengan 892 pasien dan 1 korban jiwa.

Dalam menganggapi DBD yang jumlahnya pasiennya kian banyak Novarita juga mengimbau agar warga tidak hanya mengandalkan pemerintah, namun juga memiliki rasa tanggung jawab terhadap kebersihan lingkungannya masing-masing.

TAGS:

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...