Kasus Omicron di Indonesia Terbanyak dari Turki dan Arab Saudi

Rusmanto

Dipublikasikan 7 hari yang lalu • Bacaan 1 Menit

Kasus Omicron di Indonesia Terbanyak dari Turki dan Arab Saudi
detikcom

Winnetnews.com -  Kemenkes mencatat tambahan kasus Omicron sebanyak 75 orang pada Sabtu (8/1/2022). Total pasien Omicron di Indonesia menjadi 414 orang.

Kasus penularan Omicron paling banyak berasal dari Turki dan Arab Saudi. Meski seseorang telah divaksinasi COVID-19 dua dosis, virus tersebut tetap bisa menginfeksi.

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmidzi mengatakan karena hal tersebut pemerintah meminta masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan luar negeri jika tidak terlalu penting.

"Sebagian besar kasus Omicron berasal dari pelaku perjalanan luar negeri. Karena itu masyarakat diharapkan menunda dahulu jika ingin pergi ke luar negeri," katanya, dikutip dari keterangan resmi Kemenkes, Senin (10/1/2022).

Dari total kasus yang dilaporkan sejauh ini, ada 31 penularan atau transmisi lokal Omicron. Seluruh kasus Omicron yang ditemukan umumnya sudah divaksinasi lengkap.

Omicron memiliki tingkat penularan yang jauh lebih cepat dibandingkan varian Delta. Di Indonesia, pergerakan Omicron terus meningkat sejak pertama kali dikonfirmasi pada 16 Desember 2021.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Total 414 Kasus, Turki dan Arab Saudi Negara Penyumbang Terbanyak Omicron RI"


 

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...