Kasus Varian Omicron di Indonesia Menjadi 506 Orang

Rusmanto

Dipublikasikan 11 hari yang lalu • Bacaan 1 Menit

Kasus Varian Omicron di Indonesia Menjadi 506 Orang
istimewa
Winnetnews.com -  Kementerian Kesehatan mencatat penambahan 92 kasus baru Omicron di Indonesia per Senin (10/1/2022). Total Omicron di Indonesia hingga kini jumlahnya mencapai 506 orang.

Kasus terbanyak Omicron di Indonesia masih disumbang pelaku perjalanan luar negeri, ada 415 kasus. Sementara 84 pasien Omicron lain merupakan transmisi atau penularan lokal.

"Jika dilihat dari perkembangannya, konfirmasi omicron cenderung mengalami peningkatan, dari pemeriksaan SGTF, kasus probable omicron pada PPLN cenderung meningkat, hasil WGS juga menunjukkan proporsi varian Omicron yang mulai mendominasi," beber Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) dr Siti Nadia Tarmizi.

Karenanya, dr Nadia mengimbau masyarakat untuk bersiap dengan gelombang kasus Omicron yang diperkirakan akan terus melesat kasusnya. Meski begitu, kemungkinan banyak dari mereka yang terpapar tidak bergejala COVID-19 berat.

Kemenkes RI fokus memaksimalkan pelayanan telemedicine bagi pasien yang melakukan isolasi di rumah.

"Kami bekerjasama dengan 17 platform telemedicine untuk memberikan jasa konsultasi dokter dan jasa pengiriman obat secara gratis bagi pasien COVID-19 yang sedang menjalani isolasi di rumah" ucap dr Nadia.

Selain itu Kemenkes juga akan menyertakan penggunaan obat monulpiravir dan Paxlovid untuk terapi pasien COVID-19 gejala ringan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Naik Terus! Omicron RI Bertambah, Total Jadi 506 Orang"


 

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...