Kategori Gender di Brit's Awards Akan Dihapuskan, Gara-gara Sam Smith?
Sumber: Billboard

Kategori Gender di Brit's Awards Akan Dihapuskan, Gara-gara Sam Smith?

Jumat, 27 Sep 2019 | 14:13 | Nurul Faradila

Winnetnews.com - Belakangan ini beredar kabar kalau BRIT Awards sedang mempertimbangkan rencana mereka untuk menghilangkan kategori gender dalam nominasi pemenang. Penghilangan kategori ini terjadi karena pihak ajang penggahargaan tersebut ingin menghindari pembedaan orang berdasarkan jenis kelamin mereka.

“Para petinggi mengetahui perubahan yang terjadi di industri ini. Penghilangan kategori ini akan mulai dihilangkan tahun berikutnya. Kategori pria dan wanita masih akan tetap ada pada Brit Awards 2020, Februari nanti, namun rencananya akan diganti pada tahun berikutnya. Pihak penyelenggara akan melakukan konsultasi dengan label dan artis untuk menentukan apa yang terbaik untuk masa depan Brits,” ujar salah seorang sumber, seperti dikutip dari Mirror.

BRIT Awards sudah memiliki kategori penyanyi pria dan wanita terbaik, sejak awal ajang ini dilakukan pada 1977 silam. Tahun lalu, dua kategori itu dimenangkan oleh musisi muda berbakat, George Ezra dan Jorja Smith.

Dikabarkan, penghilangan kategori ini terjadi karena adanya pengaruh Sam Smith yang tidak lagi menggunakan panggilan maskulin atau fenimin (he/she) dan menggantinya dengan mereka (they/them) untuk merujuk dirinya.

Hal ini pun kemudian mengundang kontroversi. Seorang pembawa acara, Piers Morgan mengomentari rencana BRIT Awards ini. Ia merasa marah mengetahui hal ini terjadi, pria ini pun tidak takut untuk mengutarakan pendapatnya ke publik.

“Aku pikir ini hebat kalau sebuah ajang penghargaan harus dihancurkan hanya karena satu laki-laki yang tidak bisa menentukkan apakah dia laki-laki atau perempuan. Mereka ingin memberi akomodasi untuk penampil non-binary speerti Sam Smith, itu yang aku katakan kemarin, kategori apa yang akan ia masukki sekarang? Dia tidak perlu, dia sekarang akan akan masuk dalam kategori non-binary,” ujar Morgan dalam acara ‘Good Morning Britain’ episode 23 September lalu.

Pria ini merasa kalau tradisi yang ada di BRIT Awards harus tetap dihormati, meskipun ada orang yang melabeli dirinya sebagai non-binary.

Hingga saat ini, Sam Smith masih belum memberikan tanggapan atas komentar pedas Piers, namun banyak pula orang-orang yang membela Sam, terutama di media sosial.

Piers Morgan melalui media sosialnya pun menantang Sam Smith untuk memberikan komentar.

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...