Kawah Gunung Agung Terjadi Pertumbuhan Lava

Kawah Gunung Agung Terjadi Pertumbuhan LavaFoto:Istimewa

WinNetNews.com-  Kondisi Gunung Agung Bali masih belum jelas. Dikutip dari berbagai sumber yang ada, Devy Kamil Syahbana Kepala Sub Bidang Mitigasi Gunung Api Wilayah Timur Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi menjelaskan hasil pengamatan melalui pengideraan jauh satelit di tengah kawah Gunung Agung terjadi pertumbuhan lava.

Lava yang terus bertumbuh itu menunjukkan adanya dorongan dari magma di dalam perut gunung setinggi 3.142 mdpl tersebut. Akibatnya di tengah kawah semakin naik menyembul ke atas.

 “Dari deformasi yang sekarang teramati dari satelit bahwa di tengah kawah ini ada semacam pertumbuhan yang terus berlangsung, di tengah kawah. Dari tengah terus kawah ke luar. Artinya masih Ada terus pertumbuhan lava,” kata Devy.

Devy juga menjelaskan, dari deformasi yang terjadi menunjukkan naiknya tanah di sisi atau slide inflation. Namun hal itu terjadi pada tengah kawah.

“Dari deformasi menunjukkan adanya slide inflation. Bukan di gunungnya, tapi di tengah kawah. Di sisinya agak mengembang,” tambah Devy.

Meski tidak terlalu signifikan, tapi Devy mengatakan, hal itu terjadi karena guncangan gempa frekuensi rendah yang meningkat beberapa hari belakangan. Gempa tersebut mengindikasikan adanya aliran fluida magma ke permukaan kawah Gunung Agung.