Kawah Patomskiy, Misteri Gunung Berapi Baru di Siberia

Kawah Patomskiy, Misteri Gunung Berapi Baru di Siberia

Kamis, 6 Okt 2016 | 16:43 | kontributor

WinNetnews.com - Pada tahun 1949 seorang ahli geologi bernama Vadim Kolpakov menemukan gundukan besar batu kapur di wilayah utara Irkutsk di tenggara Siberia sekitar 360 kilometer dari kota Bodaibo. Pada bagian kerucutnya terdapat kawah dengan gundukan kecil ditengahnya seringgi 40 meter dan 100 meter dari dasar gundukan. Gundukan kecil setinggi 12 meter. Kawah yang baru ditemukan ini dinamakan Patomskiy, tetapi penduduk setempat sering menyebutnya "Sarang Elang Api".

Sejak Kawah Patomskiy ditemukan, Ada banyak teori tentang Misteri Kawah Patomskiy, bagaimana kawah aneh ini bisa terjadi. Dalam waktu yang cukup lama, kawah ini terjadi akibat dari dampak jatuhnya meteorit dari angkasa. Beberapa diantaranya di hubungkan dengan Meteorit Tunguska. Tapi kondisi kawah ini tidak menyerupai situs-situs meteorit lainnya yang telah ditemukan. Hingga beberapa ahli geologi mengatakan bahwa Kawah Patomskiy merupakan gunung berapi yang baru lahir, namun tidak ada material vulkanik yang dapat di temukan disekitar kawah.

Dengan menghitung lingkaran pohon yang tumbuh disekitar kawah, Para ilmuwan dari Siberia memperkirakan bahwa Kawah Patomskiy ini telah berusia 250 tahun. Menariknya pohon-pohon yang tumbuh disekitar kawah memberikan bukti percepatan pertumbuhan, mirip dengan yang terlihat di hutan sekitar Chernobyl setelah terjadinya bencana nuklir. Ini telah melahirkan teori liar bahwa ada pabrik nuklir tersembunyi dan dikuburkan oleh UFO dengan bahan bakar nuklir diatas kapal. Sejauh ini tidak ada objek seperti fragmen asteroid atau logam lainnya dibawah tanah sekitar kawah.

Lebih banyak penelitian baru mengenai penjelasan Kawah Patomskiy, gas gunung berapi, gundukan bisa dibentuk oleh cairan seperti gas hidrogen. Pelepasan panas yang disertai pelepasan tanah dan cairan, menyebabkan perubahan ukuran lingkaran pohon yang diartikan sebagai pertumbuhan abnormal.

Alexander Pospev, seorang dokter ilmu geologidan mineralogi mengatakan kepada Siberian Times, "Bahkan sekarang asal Kawah Patomskiy belum diketahui, Tetapi kita tidak bisa mengatakan dengan pasti bahwa ia memiliki asal dari duniawi," dan hingga kini keberadaan Kawah Patomskiy masih menyimpan misteri besar yang belum dapat terpecahkan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...