Kawah Sileri Dieng Meletus Lagi
Foto:Istimewa

Kawah Sileri Dieng Meletus Lagi

Minggu, 8 Apr 2018 | 18:48 | Cindy Cesilia

WinNetNews.com-  Kawah Sileri di dataran tinggi Dieng kembali meletus. Ketinggian semburan lumpur kawah yang berada di Desa Kepakisan Kecamatan Batur ini mencapai 50 meter.

Dikutip dari berbagai sumber yang ada, kejadian ini terjadi pada siang ini.  "Kembali terjadi letusan freatik di Kawah Sileri hari ini pukul 11.21 WIB," kata Kepala Badan Penanggupangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara Arief Rahman.

Ketinggian material saat erupsi mencapai 50 meter dan lantaran lumpur 20 meter dari bibir kawah. Sebelumnya pada 1 April 2018 lalu juga terjadi letusan freatik di Kawah Sileri. 

Jika dibanding dengan letusan sebelumnya letusan kali ini lebih kecil. Karena pada letusan 1 April 2018 lalu semburan material sampai150 meter ke atas kawah. 

Semenara itu,  untuk jarak aman, sampai saat ini masih 200 meter dari bibir kawah. Sebelum terjadi letusan 1 April 2018 lalu jarak aman hanya 100 meter dari bibir kawah. 

"Sedangkan untuk objek wisata air panas Dqiano yang berada di sekitar kawah rekomendasi masih ditutup untuk wisatawan," lanjut Kepala Badan Penanggupangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara Arief Rahman.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...