Kaya Akan Vitamin C, 6 Makanan Ini Bisa Turunkan Hormon Stres
Foto: Pexels/Tara Winstead

Kaya Akan Vitamin C, 6 Makanan Ini Bisa Turunkan Hormon Stres

Selasa, 6 Apr 2021 | 16:21 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Stres membuat rambut menjadi rontok, mengalami kecemasan, hingga sistem pencernaan yang terganggu. Untuk mengatasi stres, biasanya seseorang akan meluangkan waktunya untuk bersantai dan melakukan aktivitas yang disukai.

Selain melakukan hal-hal tersebut, ternyata kadar hormon kortisol yang menyebabkan seseorang stres, bisa diturunkan dengan mengonsumsi makanan tertentu. Mengutip Psychology Today, makanan dengan vitamin C dalam sebuah penelitian disebutkan dapat menurunkan perasaan stres.

Melansir Eat This Not That, berikut adalah beberapa makanan dengan kandungan vitamin C yang bisa menurunkan kadar stres.

Ceri

Ceri mengandung sekitar 81 persen air dan satu porsi cangkir mengandung seperempat vitamin C. Ceri juga ditandai sebagai buah yang bisa membuat tidur lebih berkualitas, karena kandungan melatonin di dalamnya.

Asparagus

Asparagus adalah salah satu sumber triptofan nabati teratas. Triptofan adalah asam amino yang berfungsi sebagai dasar untuk stimulasi serotonin. Saat tubuh memproduksi lebih banyak serotonin, maka suasana hati akan meningkat.

Asparagus juga mengandung folat yang tinggi, sehingga bisa membantu melawan depresi. Vitamin C yang ada di dalamnya bisa memberikan kegembiraan yang instan.

Tomat

Sebuah penelitian menyebutkan kalau tomat organik baik untuk kesehatan fisik dan mental. Ini karena tomat organik memiliki tingkat polifenol dan vitamin C yang lebih tinggi untuk melawan penyakit.

Kentang

Kentang dapat memberikan dosis kalium dan serat. Jika dipanggang, maka kentang akan memberikan lebih banyak vitamin C untuk tubuh.

Pakcoy

Pakcoy tidak hanya akan meningkatkan vitamin C, tapi juga bisa membantu mencegah kerontokan rambut. Ini terjadi karena sayuran hijau tersebut tinggi zat besi dan dapat membantu kadar feritin.

Jeruk bali

Jeruk bali mempunyai kandungan vitamin C yang melimpah dan dapat membantu menjaga hormon stres. Tak hanya itu, buah ini juga bisa membuat perut kamu tetap rata.

Sebuah studi metabolisme yang dipublikasikan di National Center for Biotechnology Information, menemukan bahwa makan setengah jeruk bali sebelum makan, bisa mengurangi lemak perut dan menurunkan kadar kolesterol.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...