KB Suntik Akibatkan Berat Badan Naik?
ilustrasi

KB Suntik Akibatkan Berat Badan Naik?

Rabu, 12 Feb 2020 | 07:45 | Rusmanto
Winnetnews.com -  KB suntik 3 bulan adalah kontrasepsi yang diberikan melalui injeksi setiap 3 bulan. Suntikan ini mengandung hormon progestin yang akan mencegah ovulasi sehingga kehamilan dapat dicegah. Sama seperti jenis kontrasepsi lainnya, KB suntik 3 bulan dapat menimbulkan efek samping tertentu. Simak berbagai efek samping KB suntik 3 bulan berikut ini!

Apa Itu KB Suntik 3 Bulan?

KB suntik secara umum terbagi menjadi 2 yaitu KB suntik 3 bulan dan KB suntik 1 bulan. Kedua suntik KB ini memiliki kandungan hormon yang berbeda dan juga menimbulkan efek samping yang berbeda.

KB suntik 3 bulan adalah kontrasepsi suntik dengan kandungan progestin, yang merupakan bentuk sintetis dari hormon progestogen. Efek KB ini bertahan kurang lebih 13 minggu atau sekitar 3 bulan.

Suntikan KB ini mencegah pelepasan sel telur atau ovulasi setiap bulannya. Selain itu, KB ini juga mengentalkan lendir serviks sehingga membuat sperma kesulitan bergerak melalui serviks. Kontrasepsi ini juga menipiskan lapisan rahim sehingga sel telur yang dibuahi lebih sulit untuk ditanamkan di rahim.

Suntikan KB 3 bulan bisa disuntikkan di bokong atau pada lengan bagian atas.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...