(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

KBPH Prabu Suryodilogo Dilantik Jadi Paku Alam X

Rusmanto
Rusmanto

KBPH Prabu Suryodilogo Dilantik Jadi Paku Alam X
WinNetNews.com - Kanjeng Bandoro Pangeran Haryo (KBPH) Prabu Suryodilogo hari ini akan dilantik menjadi Kanjeng Gusti Pangeran Arya Adipati (KGPAA) Paku Alam X.

Prosesi Jumeneng Dalem KGPAA X dilakukan di Bangsal Sewatama Puro Pakualaman Yogyakarta Kamis (7/1/2015).

Berbagai persiapan menjelang prosesi jumenengan telah dilakukan. Para tamu undangan sudah hadir di lokasi. Ratusan karangan bunga ucapan selamat dipasang di halaman lapangan Sewadanan hingga di pinggir jalan Sultan Agung.

Undangan telah disebarkan oleh panitia. Beberapa tamu VVIP dan pejabat negara yang akan hadir diantaranya, Mantan Presiden RI, Megawati. Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin dan Menteri Pendidikan Anies Rasyid Baswedan. Lukman Hakim merupakan teman KBPH Prabu Suryodilogo saat menempuh Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Jakarta.

Raja Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat Sri Sultan Hamengku Buwono X beserta GKR Hemas juga hadir. Dari Kadipaten Mangkunegaran Surakarta akan hadir Mangkunegoro IX.

Sedangkan dari Cirebon yang akan hadir empat orang raja yakni Kanjeng Sinuhun Sultan Sepuh Arief Natadiningrat XIV serta Pangeran Raja Lukman. Kedua Kanjeng Sinuhun Sultan Kanoman Emirudin XII. Ketiga Sultan Kacirebonan Abdul Gani IX. Keempat adalah Pangeran Raja Keprabon Hempy IX. Dari Bali hadir Raja Puri Karangasem, Anak Agung Gede Putra Agung.

"Rangkaian Jumeneng Dalem saat ini tinggal pelaksanaan saja. Semua panitia sudah siap bertugas di tempat masing-masing," ungkap Ketua Bidang Adat Jumeneng Dalem PA X KPH Indrokusumo kepada wartawan di sela-sela persiapan.

Menurutnya pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan aparat kepolisian dan TNI untuk pengamanan. Sebanyak lebih dari 1.000 personil TNI/Polri dilibatkan.

Menjelang acara jumenengan dan kirab beberapa ruas jalan seperti Jl Sultan Agung, Gajah Mada, Bausasran, Kusumanegara ditutup sementara dan arus lalu lintas dialihkan.

"Kami mohon maaf kalau masyarakat tidak bisa menyaksikan dari dekat acara jumenengan, karena ini bersifat internal dan keterbatasan tempat. Masyarakat bisa menyaksikan saat kirab nanti," kata Indrokusumo.

disadur dari situs detik news

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});