(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Kebahagiaan Dari Dalam Diri Sendiri

Oky
Oky

Kebahagiaan Dari Dalam Diri Sendiri Sumber Foto : Istimewa

Winnetnews.com - Jaman sekarang, banyak orang yang kurang menghargai dirinya sendiri. Seperti menganggap dirinya rendah, tidak merawat diri, terlalu banyak membandingkan diri dengan orang lain, banyak mengeluh hingga sampai melakukan percobaan bunuh diri. Hal itu bisa dikarenakan karena kurangnya kepercayaan diri sehingga mereka kurang menyadari betapa pentingnya diri mereka sendiri.

Selalu mendengar opini dari orang lain dan selalu ingin jadi apa yang orang lain mau membuat kita mengesampingkan kepentingan diri kita sehingga membuat kita tidak percaya dengan diri sendiri. Oleh karna itu, kita menjadi tidak tahu apa kelebihan diri kita sendiri.

Mengenali diri sendiri bukanlah suatu proses yang mudah, namun hal ini adalah hal yang penting. Dimulai dari mengetahui apa minat dan bakat yang kita miliki, yang dapat kita sebut sebagai self-worth. Dengan kata lain self-worth adalah tentang siapa kita, bukan tentang apa yang kita lakukan. Langkah pertama dalam menemukan self-worth adalah berhenti membandingkan diri kita dengan orang lain dan mengevaluasi setiap langkah kita. Jika kita mencari self-worth dengan cara membandingkan diri kita dengan orang lain maka itu merupakan cara yang salah. Setelah kita dapat menemukan self-worth yang kita miliki, maka secara otomatis kita akan lebih percaya diri, kepercayaan diri atau self-esteem biasanya sering disamai dengan self-worth. Namun self-worth dan self-esteem merupakan dua hal yang berbeda namun saling berkaitan. Self-esteem merupakan pendapat yang kita miliki tentang diri kita sendiri. Dan self-esteem ini tidak diragukan lagi dipengaruhi oleh self-worth. Semakin tinggi self-worth yang kita miliki secara tidak langsung semakin tinggi juga self-esteem yang dimiliki. Ketika kita memiliki self-esteem yang cukup kita akan merasa lebih baik dengan diri sendiri dan merasa layak untuk dihargai orang lain, sedangkan jika anda kekurangan self-esteem maka kita akan selalu merasa khawatir bahwa kita tidak cukup baik.

Self-esteem mencakupi pikiran dan perasaan kita di setiap saat. Pikiran dan perasaan ini memiliki dampak langsung pada hasil, perilaku, dan kinerja kita. Ketika kita memiliki self-esteem yang cukup baik, kita cenderung merasa positif tentang diri kita dan tentang kehidupan secara umum. Sedangkan saat self-esteem kita rendah biasanya akan cenderung melihat diri dalam sisi yang lebih negatif dan kritis. Hal tersebut juga akan membuat kita merasa tidak mampu menghadapi tantangan yang ada dalam hidup. Kita juga akan lebih menutup diri dari lingkungan sosial dan juga berhenti mencoba hal baru serta menghindari hal-hal yang dianggap sebagai tantangan. Membuat kita menutup diri dari kesempatan-kesempatan yang ada dalam hidup untuk mengubah kepribadian kita menjadi lebih baik dan menambah pengalaman hidup. Oleh karna itu satu-satunya cara untuk mengatasinya yaitu dengan cara belajar untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan self-esteem yang rendah.

Berikut ini beberapa tips untuk orang-orang yang merasa kesulitan meningkatkan self-esteem :

  1. Bersikap baik pada diri sendiri.
    Berusahalah untuk bersikap baik kepada diri sendiri dan, jika kita tergelincir, cobalah untuk menantang pikiran negatif apa pun. Aturan praktis yang baik adalah berbicara kepada diri sendiri dengan cara yang sama seperti kita berbicara dengan teman kita. Ini bisa sangat sulit pada awalnya, tetapi latihan menjadi sempurna.
  2. Ingat bahwa semua orang membuat kesalahan.
    Kita membuat kesalahan untuk belajar dan berkembang, jadi cobalah untuk tidak menyalahkan diri sendiri karna dari kesalahan yang kita buat kita akan mendapatkan pelajaran agar tidak melakukan kesalahan untuk kedua kalinya. Ingatlah bahwa semua orang pasti pernah melakukan kesalahan, dan melakukan kesalahan adalah hal yang wajar.
  3. Lakukan apa yang membuatmu bahagia.
    Dengan melakukan apa yang membuat kita bahagia dan melakukan apa yang kita sukai maka kita akan cenderung menjadi lebih positive dan menjalani hidup tanpa beban, cobalah untuk menyisihkan waktu anda untuk melakukan hobby atau aktifitas favorit seperti nonton, membaca buku dan lainnya di sela-sela aktifitas yang sibuk.
  4. Kelilingi diri dengan teman-teman yang mendukung.
    Temui teman-teman yang membuat kita merasa lebih baik dengan diri kita dan menghindari untuk berfikir negative, dengan berada di lingkungan yang baik dan orang-orang sekitar yang mendukung akan membuat kita tidak minder dan merasa lebih percaya diri.
  5. Rayakan hal-hal kecil.
    Merayakan hal-hal kecil adalah cara yang bagus untuk membangun kepercayaan diri dan mulai merasa lebih baik tentang diri kita.

Setelah mempunyai self-esteem yang baik ada satu langkah terakhir yaitu adalah memiliki self-respect. Kita selalu diajarkan untuk respect dengan orang lain tapi jarang sekali diajarkan untuk respect dengan diri sendiri. Memang benar kita harus belajar menghargai orang lain namun sebelum itu kita tetap harus bisa menghargai diri sendiri karena caramu memperlakukan diri sendiri akan menentukan standar bagaimana orang lain memperlakukanmu.
Kebanyakan orang lupa dan menganggap remeh self-respect yang akhirnya membuat beberapa orang kurang menghargai diri mereka sendiri. Tidak jarang banyak anak remaja yang mengalami kesulitan dan berujung merusak diri mereka sendiri seperti dengan melukai diri sendiri, percobaan bunuh diri, dan masih banyak lagi aksi-aksi remaja yang dapat melukai diri mereka dengan berbagai cara. Tidak hanya itu, merokok dan menggunakan obat-obatan terlarang juga salah satu bentuk tidak menghargai diri sendiri karena hal-hal seperti ini dapat mengganggu kesehatan diri sendiri. Kejadian seperti ini menunjukkan bahwa mereka kurang respect dengan diri sendiri.

Berdasarkan hasil research yang dilakukan, seringkali orang menganggap bahwa mereka sudah cukup respect dengan diri sendiri padahal sebenarnya kebanyakan orang masih belum cukup memahami apa itu self-respect. Karena kenyataannya masih banyak orang yang secara tidak langsung melakukan hal-hal yang tidak mencerminkan self-respect, oleh karna itu sangatlah penting untuk memberikan edukasi mengenai self-respect itu sendiri. Mengapa?

  1. Self-respect dapat membuat kita menjadi orang yang lebih baik dan menjadi partner yang baik untuk orang lain.
    Jika kita menghargai diri kita sendiri berarti kita percaya dengan kemampuan diri sendiri, Ketika merasa layak, kita percaya bahwa kita layak di hormati. Dan ketika kita menghargai orang lain di sekitar kita, mereka akan mulai lebih menghargai kita.
  2. Tidak perlu membandingkan diri dengan orang lain.
    Jika kita mengetahui kemampuan dan menghargai talent yang kita miliki maka kita tidak akan perlu membandingkan diri ataupun merasa iri dengan orang lain.
  3. Menjadikan diri pribadi yang lebih dewasa.
    Dengan menghargai diri kita sepantasnya maka kita akan siap menerima kritik dari luar dan menyikapinya denga positif serta dapat menjadikan kritik tersebut menjadi masukan agar membantu membangun diri kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Secara singkat, self-respect membentuk dasar dari semua keputusan yang kita buat, bagaimana kita memperlakukan diri sendiri, dan bagaimana kita mengizinkan orang lain memperlakukan kita.

Dengan menyadari self-worth yang kita miliki, kita akan menemukan self-esteem dengan sendirinya dan dari hal tersebut akan muncul self-respect terhadap diri sendiri. 3 hal ini akan membantu anda untuk memunculkan rasa kepuasan terhadap diri sendiri, dari rasa kepuasan ini akan muncul kebahagian dari dalam diri sendiri bukan hanya dari faktor external. Dengan mengapresiasi diri sendiri dengan baik maka anda akan menerima pendapat/ kritik dari orang lain dengan lebih positif serta lebih open minded. Setiap manusia diciptakan sebagai pribadi yang berbeda dan unik, disaat kita dapat melihat hal tersebut maka kita akan mampu mengembangkan self-worth, self-esteem, serta self-respect dalam diri, karena 3 hal itu adalah kekuatan yang tanpa disadari ada dalam diri kita.

 

 

Ditulis oleh Lydia Mulya

Mahasiswi LSPR Jakarta

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});