Kebahagiaan Tidak Selalu Identik dengan Materi
ilustrasi

Kebahagiaan Tidak Selalu Identik dengan Materi

Selasa, 7 Apr 2020 | 07:55 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Siapa yang tak ingin hidup bahagia? Meski ada yang menganggap bahagia hanyalah sebuah emosi yang akan datang dan pergi, banyak juga yang melihat jenis-jenis kebahagiaan sebagai sesuatu yang penting dalam aspek kehidupan manusia.

Terkadang orang menyangka bahwa puncak kebahagiaan akan dirasakan ketika mereka telah mencapai hal-hal yang luar biasa. Padahal, kebahagiaan berwujud dalam banyak jenis dan bisa ditemukan pada hal-hal hal-hal sederhana yang seringnya tidak Anda sadari.

Apa saja jenis-jenis kebahagiaan?

Memang benar kebahagiaan sendiri bisa muncul karena adanya dorongan rasa senang. Namun, bahagia dan senang sebenarnya adalah dua hal yang berbeda.

Bahagia bukanlah emosi sesaat yang mudah muncul dan menghilang seperti rasa senang. Konsep kebahagiaan bersifat abstrak, setiap orang pasti memiliki pandangannya masing-masing tentang sejauh mana seseorang bisa dikatakan bahagia.

Meski demikian, para psikolog percaya bahwa terdapat beberapa jenis emosi positif yang dapat mendorong seseorang merasakan kebahagiaan. Berikut adalah beberapa di antaranya.

Kegembiraan

image0

Perasaan gembira muncul ketika Anda menikmati momen-momen yang sedang terjadi dan merasa puas dengan apa pun yang Anda miliki saat ini.

Banyak cara mudah yang bisa dilakukan untuk menemukan kegembiraan, misalnya dengan melakukan hal-hal yang Anda senangi, pergi ke tempat-tempat yang ingin dikunjungi, dan mencoba hal-hal baru yang belum pernah dilakukan.

Kegembiraan juga bisa didapatkan dari orang-orang di sekeliling Anda. Candaan di antara teman-teman yang berhasil membuat Anda tertawa juga sudah menjadi sebuah kegembiraan.

Sayangnya, rasa gembira juga mudah menghilang jika Anda terlalu memikirkan apa yang akan terjadi setelahnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...